Perjalanan 63 Tahun Keberhasilan dan Dedikasi bank bjb Dalam Melayani Masyarakat

Perjalanan 63 Tahun Keberhasilan dan Dedikasi bank bjb Dalam Melayani Masyarakat

Ekonomi | bandungraya.inews.id | Senin, 27 Mei 2024 - 12:10
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Tepat 20 Mei 2024 bank bjb berusia 63 tahun. Sebuah momen yang istimewa merayakan perjalanan panjang keberhasilan dan dedikasi bank bjb dalam melayani masyarakat dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi. 

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan, 63 tahun adalah waktu yang panjang dan penuh tantangan. Sampai dengan usia ini, banyak perubahan, tantangan dan juga kemajuan dalam 63 tahun perjalanan panjang yang telah dilalui hingga kini bank bjb tumbuh menjadi sebuah konglomerasi keuangan besar dengan total aset lebih dari 200 trilliun rupiah, didukung anak-anak usaha mulai dari perbankan syariah, sekuritas, sesama Bank Pembangunan Daerah dan masih akan terus bertambah anak usaha baik dari sisi jumlah maupun jenis usaha untuk mendukung kelangsungan bank. 

Yuddy menjelaskan, pada perayaan ulang tahun ini, bank bjb bertekad untuk menjadi bank yang lebih dari sekadar institusi keuangan. bank bjb adalah tempat bagi impian dan harapan, bank bjb bangga dengan harapan untuk #BeraniJadiBeda dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

bank bjb adalah sahabat bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan, bank bjb adalah mitra yang setia bagi mereka yang ingin mewujudkan impian. Dengan #BeraniJadiBeda kreatifitas akan terus diberikan wadah dan kesempatan sebesar besarnya, Jaringan kantor diberbagai wilayah dikembangkan bukan hanya dari sisi jumlah tetapi juga kemudahannya, bisnis melalui anak perusahaan, memperkuat infrastruktur teknologi serta layanan bisnis melalui inklusi keuangan digital perbankan yang mudah dan kekinian, sehingga #BeraniJadiBeda untuk mewujudkan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Indonesia.

“Perayaan HUT ke-63 ini bukan hanya sekedar perayaan, tetapi juga sebuah momentum bagi kami untuk terus menginspirasi dan berinovasi. Melalui tema 'Berani Jadi Beda', kami ingin mendorong inovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Kita harus terus berusaha memberikan solusi keuangan yang inovatif dan mudah bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

bank bjb akan tetap menjadi bank yang terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai integritas dan profesionalisme. Mari bersama-sama merayakan momen 63 tahun bank bjb dengan melangkah maju Bersama semangat #BeraniJadiBeda sebagai Tandamata Untuk Negeri“ ucap Yuddy. 

 

Merayakan HUT ke-63 Tahun, bank bjb mempersembahkan berbagai acara, program dan promo, diantaranya:

 

Berani Jadi Beda Festival

Berani Jadi Beda Festival akan menjadi salah satu acara utama dalam rangkaian perayaan ini, yang berlangsung di dua kota, yaitu Tangerang Selatan pada 11 Mei 2024 dan Solo pada 18 Mei 2024. Festival ini dirancang untuk menginspirasi anak muda agar lebih aktif dan kreatif dengan berbagai kegiatan yang menarik dan berbeda dari biasanya.

Berani Jadi Beda Festival menghadirkan acara dengan berbagai tema seperti Berani Sehat dengan kegiatan Zumba, Berani Kenyang dengan bazaar UMKM Food & Beverage, Berani Tarung melalui Modern Dance Competition, Berani Aktif dengan berbagai permainan dan photobooth, Berani Banget dengan talkshow bersama ATF Show serta Berani Seru-Seruan dengan konser artis ternama seperti Andre Taulany and Friend (ATF) bersama Stevie Item, Surya Insomnia, Gading Martin, Vincent Rompies, Eno NTRL, EL Rumi, HIVI, Fiera Besari, Asya, Danilla, Shaggydog.

Program Promosi Spesial

Selama bulan Mei 2024, bank bjb menawarkan berbagai promosi menarik untuk para nasabah. Program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan loyalitas nasabah terhadap produk dan layanan bank bjb. Periode promo berlangsung dari April - Juli 2024, dengan berbagai diskon dan penawaran spesial yang bisa dinikmati oleh nasabah.

 

Festival Bojana

Festival Bojana yang akan diadakan pada 25-26 Mei 2024 di Bandung adalah sebuah acara yang menggabungkan olahraga, seni budaya, dan kuliner anak muda. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan musik dari artis lokal dan seni tradisional, serta menawarkan berbagai sajian kuliner khas lokal dan fusion. Selain itu, terdapat aktivasi produk bank bjb dan promo menarik spesial HUT bank bjb.

A Day In My Life Challege

bank bjb juga mengadakan A Day In My Life Challenge, sebuah tantangan untuk membuat vlog yang memperlihatkan kegiatan sehari-hari dengan minimal dua produk bank bjb. Tantangan ini terbuka untuk insan bjb dari 29 April hingga 17 Mei 2024, dan untuk masyarakat umum dari 1 hingga 17 Mei 2024. Pengumuman pemenang telah dilakukan melalui media sosial pada 20 Mei 2024 untuk kategori masyarakat umum / eksternal dan pada puncak perayaan HUT bank bjb pada 26 Mei 2024 untuk kategori internal.

Cycling De Jabar 2024

Cycling De Jabar 2024 pada 25 Mei 2024, kembali hadir dengan tema "Sumanget Jawara" untuk membawa semangat juara bagi para pesepeda sekaligus memperkuat sinergi antar sektor di Jawa Barat. Acara ini bertujuan untuk menginspirasi percepatan pembangunan daerah dengan semangat yang sama dalam satu wilayah.

 

Berani Sehat Fun RUn

Sebagai bagian dari kampanye #BeraniAktif, bank bjb juga mengadakan Berani Sehat Fun Run pada 26 Mei 2024. Fun Run ini menempuh jarak 6,3 km dan diikuti oleh komunitas lari serta masyarakat umum. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan jersey dan voucher doorprize dengan kontribusi donasi sebesar Rp63.000.

Berani Tarung

Untuk menyemarakkan perayaan ini, bank bjb juga menyelenggarakan Berani Tarung, kompetisi internal yang melibatkan karyawan dalam Games (Gebuk Ceria & Banteng Putar) dan E-Sport Competition (FC24 & Mobile Legends). 

Berani Berbagi

Melalui program Berani Berbagi, bank bjb mengadakan kegiatan sosial dan amal diantaranya rangkaian Kegiatan Penanaman 10.000 Pohon Mangrove bersama Kelompok Tani Hutan Surya Sinar Sejahtera, Program bjb Peduli Berbagi Operasi Katarak, Hernia dan Bibir Sumbing Gratis, serta Donor Darah Rutin dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis. Selain itu, turut secara simbolis diberikan kepada ⁠Penerima Program Tebar 1.000 Al-Qur'an yaitu Ibu Wida dari Mushala Al-Ikhlas Kertasari Kabupaten Bandung, Penerima Program Benah Masjid/Mushala yaitu Ust. Ade Sukarya dari Mushala Al-Hayat Cikalong Kabupaten Bandung Barat  dan Pemberian Apresiasi kepada Bapak Asep Sopyan selaku Petugas Kebersihan.

 

Berani Update

bank bjb menggunakan momen HUT ke-63 ini untuk meluncurkan berbagai inovasi dan program baru, termasuk: Website bjb Lelang, Pengenalan Icon Tamba (Tanda Muda BerUang), Pengenalan Self Service Banking Machine (SSBM), juga dilakukan Legacy Award, Penganugerahan bjbpreneur, Customer Loyalty Program.

Puncak Perayaan HUT bank bjb

Puncak perayaan HUT bank bjb akan diadakan pada 26 Mei 2024. Acara ini ditujukan untuk seluruh internal dan keluarga besar bank bjb agar dapat merasakan kemeriahan hari ulang tahun ini bersama-sama. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai aktivitas seperti Bazaar UMKM lokal secara cashless menggunakan DIGI dan DigiCash by bank bjb, Hologram Photobooth, Tarot Reading, Face Painting, penampilan bjb Club (dance, musik dan vokal grup), selebrasi Puncak HUT bank bjb ke-63 tahun dan penampilan artis ternama nasional seperti Ari Lasso, Andre Taulany and Friend (ATF) bersama Stevie Item, Dicky Difie, Vincent Rompies, Eno NTRL, The Brownsu, Addn & Kenzy Taulany serta dipandu oleh Host Ananda Omesh dan Astrini Putri yang memberikan pengalaman berani untuk bersama-sama mengusung semangat yang lebih baik sesuai dengan tema HUT kali ini.

Ditegaskan Yuddy, perayaan HUT ke-63 bank bjb ini bukan hanya menjadi momen untuk refleksi dan perayaan, tetapi juga kesempatan untuk melangkah maju dengan inovasi dan semangat baru. Dengan tema 'Berani Jadi Beda', bank bjb berharap dapat terus menginspirasi dan melayani masyarakat dengan lebih baik. 

 

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, di ulang tahun ke-63, bank bjb telah mencatatkan berbagai milestone yang membanggakan, antara lain menjadi BPD pertama yang melantai di bursa saham alias menjadi perusahaan terbuka, kemudian juga menjadi BPD Pertama yang melakukan Spin Off Unit Usaha Syariah bank bjb syariah, selanjutnya menjadi BPD Pertama yang mendirikan Perusahaan Efek Daerah (PED) bjb Sekuritas, bahkan menjadi BPD pertama yang membentuk Kelompok Usaha Bank (KUB).  

bank bjb juga mendapatkan sertifikasi Great Place to Work (GPTW) dari Great Place to Work Institute. Capaian tersebut bank bjb menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perbankan pertama mendapatkan sertifikasi internasional tersebut di Indonesia. bank bjb dinilai sebagai tempat kerja yang menyenangkan dan merupakan pekerjaan yang dicita-citakan oleh para pencari kerja. bank bjb juga bersama anak usahanya, bank bjb syariah, mencatatkan diri sebagai perbankan pertama yang berhasil memperoleh sertifikasi terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) atas Sertifikat ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan.

“Pada momen HUT ke-63, bank bjb juga ingin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, nasabah, stakeholder, shareholder karena telah memberikan kepercayaan kepada bank bjb sehingga bank bjb bisa tumbuh berkelanjutan,” ucap Yuddy. 

Yuddy memastikan, setiap program perayaan ulang tahun, sektor UMKM selalu diajak untuk terlibat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan agar para UMKM di daerah dapat meningkatkan kualitas sekaligus juga memperluas pasar. Tentu saja, dalam setiap kegiatan tersebut, selalu menggunakan pendekatan digital, terutama pada aspek transaksi, agar masyarakat, pelaku usaha, generasi milenial yang hadir akan semakin melek terhadap teknologi keuangan dan semakin memperluas inklusifitas keuangan.

Yuddy menegaskan, manajemen bank bjb berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja, agar memberi manfaat bagi masyarakat luas, termasuk shareholder.

Berbagai terobosan yang dilakukan bank bjb merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat keberadaan bank bjb, baik saat ini maupun di masa depan, di industri perbankan. Capaian positif yang diraih bank bjb pada usia 63 tahun juga berkat dukungan nyata seluruh pemegang saham.

 

"Semua itu dilakukan agar bank bjb terus menjadi Tandamata bagi Negeri," ujarnya.

Berbagai terobosan yang dilakukan bank bjb merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat keberadaan bank bjb, baik saat ini maupun di masa depan, di industri perbankan. Capaian positif yang diraih bank bjb pada usia 63 tahun juga berkat dukungan nyata pemegang saham, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemegang saham terbesar.

Tak hanya fokus pada berbagai layanan kredit unggulan yang dimiliki, bank bjb pun terus mendorong pendapatan lainnya melalui produk layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, produk, jasa dan layanan perbankan terbaik. Saat ini bank bjb memiliki ribuan jaringan kantor yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia.

 

Kelompok Usaha Bank (KUB)

bank bjb juga terus memperluas aliansi bisnis untuk semakin memperkuat kinerja. Antara lain melalui perluasan layanan perbankan melalui Kelompok Usaha Bank (KUB), yakni bersinergi dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik, sehingga dapat saling memberikan nilai tambah bagi seluruh anggota kelompok usaha di bawah bank bjb sebagai perusahaan Induk. bank bjb sangat terbuka kepada BPD lain yang ingin berkolaborasi dan bersinergi melalui KUB bank bjb.

bank bjb merupakan BPD terbesar di Indonesia yang  memiliki infrastruktur mumpuni, dari sisi permodalan, dukungan infrastruktur digital, dan sumber daya manusia, untuk dapat dimanfaatkan bersama dengan BPD lain. Dengan berbagai terobosan, apresiasi, juga kesolidan manajemen, bank bjb optimis tahun ini kinerja bank bjb di masa depan semakin moncer.

"Di usia yang ke-63 tahun, kami sangat terbuka untuk kolaborasi yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam kerangka pengembangan bisnis bersama sama. Berbagai terobosan yang kami lakukan merupakan komitmen kami untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat eksistensi kami di dunia perbankan," tegas Yuddy.  (*)

Topik Menarik