Pemerintah Mau Subsidi Pertamax Cs? Ini Kata BPH Migas

Pemerintah Mau Subsidi Pertamax Cs? Ini Kata BPH Migas

Ekonomi | inews | Selasa, 14 Mei 2024 - 20:53
share

TANGERANG, iNews.id - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) buka suara soal wacana pemberian subsidi untuk BBM berkualitas Research Octane Number (RON) 90 atau Pertama Cs. Apa katanya?

Menurut Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman pada dasarnya subsidi lebih tepat diberikan kepada BBM dengan kualitas lebih tinggi dengan RON 91 ke atas.

"Makanya muncul wacana termasuk dari Pertamina untuk mengkaji perubahan dari Pertalite atau RON 91 ke atas sesuai Permen KLHK Nomor 20/2017 tentang emisi," ujar Saleh ketika ditemui di acara IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Selasa (14/5/2024).

Oleh sebab itu, dirinya menilai pemberian subsidi untuk BBM dengan RON 91 ke atas itu merupakan kebijakan yang bagus. Namun, hal itu harus dibarengi dengan infrastruktur yang mendukung.

"Kalau Itu kebijakan bagus, kalau mau dijadikan JBKP menggantikan Pertalite juga bagus. Tapi pemerintah perlu mempertimbangkan harga, kesiapan infrastruktur dalam negeri, bioetanol terutama 5 sampai 7 persen bioetanol, menurut saya itu bagus ya secara personal," ucapnya.

Sementara itu, pemerintah saat ini juga tengah melakukan revisi Peraturan Presiden (Perpres) No.191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Kelak, aturan itu memuat siapa saja kendaraan yang berhak memakai BBM bersubsidi dilihat berdasarkan kriterianya.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati pun mengatakan aturan anyar itu hingga kini masih diproses.

"Masih di proses ya, mungkin nanti aja deh kalau sudah keluar putusannya. Masih dibahas antar kementerian, jadi ada beberapa kementerian terkait yang kita bahas bersama-sama termasuk dengan Kemenko," urai Erika.

Topik Menarik