40 Inovasi Anak Muda Ikut Kompetisi Bisnis Online, Omzetnya Bisa Capai Ratusan Juta!

40 Inovasi Anak Muda Ikut Kompetisi Bisnis Online, Omzetnya Bisa Capai Ratusan Juta!

Ekonomi | surabaya.inews.id | Senin, 13 Mei 2024 - 20:50
share

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Rangkaian spektakuler Zurich Entrepreneurship pada Program tahun kedua, Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar ‘Regional Student Company Competition’ secara daring. Acara yang meriah dan inspiratif ini berlangsung selama dua hari berturut-turut untuk memamerkan inovasi-inovasi terbaru para siswa. 

Tidak kurang dari 40 bisnis segar yang diusung para siswa berhasil mengumpulkan total pendapatan bisnis yang mengesankan, melampaui angka Rp320 juta. Keberhasilan ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia, tetapi juga sebuah tonggak bersejarah bagi Zurich Entrepreneurship Program yang bertujuan menggairahkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda.

“Visi kami adalah menciptakan sebuah masa depan yang berkilauan, dan melalui program ini, kami telah membuka jalan bagi peluang ekonomi baru serta mempersiapkan para generasi penerus untuk memasuki panggung bisnis global,” ujar Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, pada hari Senin (13/5/2024).

Sejak diluncurkan Agustus 2023, Zurich Entrepreneurship Program telah secara rutin memberikan pendidikan kewirausahaan kepada lebih dari 3.400 siswa dari 40 SMA dan SMK di 11 kota dan kabupaten di Indonesia. 

Para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang tak ternilai untuk merintis usaha, mengatur keuangan pribadi, merencanakan karier masa depan, sambil menghasilkan inovasi yang mampu menjawab tantangan pasar dan menyelasaikan isu-isu lingkungan.

Dari serangkaian produk inovatif yang dipamerkan, beberapa yang paling mencolok adalah penghilang noda berbahan dasar limbah kulit pisang, pengering pakaian portabel yang praktis, pulpen dengan tinta ramah lingkungan, eco-leather yang terbuat dari limbah kulit jeruk, dan media edukasi mewarnai anak-anak yang terbuat dari kertas daur ulang.

 

Head of Enabling Social Equity Z Zurich Foundation Adriana Poglia meyakini bahwa, pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan pada generasi muda, dapat membuka kepercayaan diri mereka dan membantu mereka mewujudkan potensi mereka.

“Dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah pada tahun kedua pelaksanaan program ini, kami bertujuan untuk menciptakan perubahan jangka panjang di masyarakat dan memberikan dampak positif bagi generasi muda di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Hingga tahun 2025, Zurich Entrepreneurship Program ditargetkan dapat memberdayakan lebih dari 9.000 siswa SMA dan SMK di Indonesia dengan keterampilan esensial untuk menciptakan peluang ekonomi melalui kewirausahaan. Dalam program ini, karyawan Zurich juga terlibat secara sukarela sebagai mentor yang berbagi pengetahuan praktis dan pengalaman riil dari dunia bisnis.

Academic Advisor and Operations Counsel PJI, Robert Gardiner mengatakan, selain melatih pola pikir wirausaha, program ini juga menanamkan etika dan prinsip berkelanjutan dalam membangun bisnis. Hal ini akan menjadi nilai penting bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pemimpin bisnis masa depan yang bertanggung jawab. 

”Kami akan terus berkolaborasi dengan Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation untuk mengoptimalkan dampak dari program ini,” imbuhnya. 

Topik Menarik