10 Miliarder Dunia Tambah Cuan di 2024, Ada Orang Terkaya Indonesia

10 Miliarder Dunia Tambah Cuan di 2024, Ada Orang Terkaya Indonesia

Ekonomi | inews | Minggu, 12 Mei 2024 - 05:20
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah miliarder dunia kekayaannya bertambah signifikan di tahun 2024. Hal ini didukung oleh pasar saham yang mencapai titik tertinggi sepanjang masa hingga terdapat lebih banyak miliarder dibandingkan sebelumnya.

Mengutip Forbes, tidak ada seorang pun di bumi yang memperoleh keuntungan lebih dari Mark Zuckerberg selama 12 bulan terakhir. Kekayaan bersih CEO Meta ini melesat 112,6 miliar dolar AS karena harga saham Meta meningkat hampir tiga kali lipat setelah PHK massal dan kelanjutan pada proyek AI dan metaverse. 

Zuckerberg, yang kini memiliki kekayaan sekitar 177 miliar dolar AS atau setara Rp2.841 triliun merupakan orang terkaya keempat di dunia, naik signifikan dari peringkat 16 pada tahun lalu.

Miliarder teknologi lain yang kekayannya bertambah berkat booming AI, yaitu CEO dan salah satu pendiri perusahaan chip Nvidia, Jensen Huang. Dia pertama kalinya masuk daftar 20 orang terkaya di dunia dengan kekayaan 56 miliar dolar AS atau setara Rp899 triliun. 

Kemudian, sejumlah tokoh yang kekayaannya melesat pada tahun ini di antaranya mantan CEO Microsoft Steve Ballmer dan salah satu pendiri, CTO dan pemegang saham terbesar Oracle Larry Ellison.

Hanya dua dari sepuluh peraih keuntungan terbesar tahun ini yang berasal dari luar AS, salah satunya raja petrokimia dan energi Indonesia, Prajogo Pangestu yang memiliki kekayaan sekitar 43,4 miliar dolar AS atau setara Rp696 triliun setelah perusahaan energi terbarukan miliknya melantai di bursa. 

Selanjutnya, taipan asal India, Gautam Adani yang kekayaannya bertambah menjadi 84 miliar dolar AS atau setara Rp1.348 triliun setelah melewati tahun penuh gejolak yang dipicu oleh tuduhan melakukan penipuan keuangan dan manipulasi saham. Adani membantah tuduhan tersebut, dan keputusan yang menguntungkan dari Mahkamah Agung India membantunya mendapatkan kembali sebagian kekayaannya.

Berikut 10 miliarder yang bertambah cuan di tahun 2024:

1. Mark Zuckerberg

Penambahan kekayaan yang diraih Zuckerberg terjadi setelah perusahaan yang dia pimpin memberhentikan hampir seperempat karyawannya sambil mempertahankan proyek AI dan metaverse. Kini dia kembali masuk daftar 10 orang terkaya di dunia dan menempati urutan ke-4.

2. Jeff Bezos

Pendiri Amazon ini memiliki kekayaan bersih 194 miliar dolar AS atau setara Rp3.114 triliun. Kenaikan tersebut disebabkan kenaikan harga saham raksasa e-commerce dalam setahun terakhir setelah melakukan PHK terhadap 27.-000 karyawan ditambah pertumbuhan yang solid di divisi e-commerce dan cloud.

3. Jensen Huang 

Huang mendirikan Nvidia sebagai perancang chip video game tiga dekade lalu hingga kini mendominasi pasar chip AI. Saham perusahaan yang dia pimpin meningkat lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir dan mengerek kekayaan bersihnya menjadi 77 miliar dolar AS atau setara Rp1.236 triliun.

Buka halaman selanjutnya untuk mengetahui miliarder yang bertambah cuan di tahun 2024 >>

4. Michael Dell

Kekayaan pendiri sekaligus CEO Dell Technologies bertambah hampir 41 miliar dolar AS atau setara Rp658 triliun setelah saham perusahaan perangkat keras komputer tersebut naik 217 persen yang didorong melonjaknya permintaan untuk server AI perusahaan. 

Selain itu, penjualan divisi cloud Dell VMware ke perusahaan semikonduktor Broadcom seharga 69 miliar dolar AS pada musim gugur lalu turut mengerek kekayaan bersihnya menjadi 91 miliar dolar AS atau setara Rp1.461 triliun.

5. Steve Ballmer

Peningkatan kekayaan bersih Ballmer sebesar 40 miliar dolar AS atau setara Rp642 triliun berasal dari saham Microsoft miliknya, di mana dia pernah menjabat sebagai CEO dari 2000 hingga 2014. Sahamnya melesat 63 persen tahun lalu yang sebagian didorong oleh investasi raksasa perangkat lunak itu ke pengembang ChatGPT, OpenAI.

6. Prajogo Pangestu

Kekayaan orang terkaya Indonesia ini melesat 5,3 miliar dolar AS atau setara Rp85 triliun menjadi 43,4 miliar dolar AS atau setara Rp696 triliun setelah membawa dua perusahaannya, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk dan PT Barito Renewables Energy Tbk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun lalu. Sahamnya masing-masing melonjak hampir 15 kali lipat dan 5 kali lipat sejak IPO.

7. Gautama Adani

Tuduhan penipuan keuangan dan manipulasi saham yang disampaikan Hindenburg Research membuat penurunan kekayaan Adani pada awal tahun 2023. Namun, nilai saham-sahamnya menguat sejak Desember ketika Mahkamah Agung India memutuskan dalam sidang bahwa tidak diperlukan penyelidikan lebih lanjut. 

Dengan kekayaan saat ini sebesar 84 miliar dolar AS atau setara Rp1.348 triliun, Adani masih jauh dari puncak kekayaannya sebesar 90 miliar dolar AS pada tahun 2022.

8, Larry Page 

Kekayaan salah satu pendiri Google meningkat setelah nilai saham Alphabet, perusahaan induk Google, meningkat 50 persen pada tahun lalu. Dia merupakan pemegang saham individu terbesar di raksasa teknologi tersebut. Kekayaan bersih Page sebesar 114 miliar dolar AS atau setara Rp1.830 triliun.

9. Sergei Brin

Brin merupakan salah satu pendiri Google sekaligus pemegang saham individu terbesar kedua setelah Larry Page. Kekayaan bersihnya bertambah 34 miliar dolar AS menjadi 110 miliar dolar AS atau setara Rp1.766 triliun pada tahun ini. 

10. Larry Ellison

Salah satu pendiri Oracle ini merupakan pemegang saham terbesar di raksasa perangkat lunak tersebut, dengan menguasai hampir 42 persen kepemilikan saham. Lonjakan permintaan terhadap layanan cloud Oracle dan didorong oleh booming AI, membuat harga saham Oracle melesat 34 persen dan meningkatkan kekayaan Ellison sebesar 34 miliar dolar AS menjadi 141 miliar dolar AS atau setara Rp2.263 triliun.

Topik Menarik