Bangun PLTMH di Pucuk Kendal, PLN Indonesia Power UBP Semarang Dipuji Wapres

Bangun PLTMH di Pucuk Kendal, PLN Indonesia Power UBP Semarang Dipuji Wapres

Ekonomi | joglosemar.inews.id | Kamis, 9 Mei 2024 - 09:50
share

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – PLN Indonesia Power UBP Semarang membangun PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro) Ngesrep Balong sebesar 1.000 Watt yang digunakan untuk mendukung usaha Kafe Kopi Pucu’e Kendal milik UMKM Kopi Endemik. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk penerangan kafe, power dom pengeringan kopi, dan mendukung kegiatan operasional kafe.  

Pada 2023, PT PLN Indonesia Power UBP Semarang melakukan penambahan daya PLTMH Ngesrep Balong menjadi 3.000 Watt seiring dengan kebutuhan listrik yang bertambah di area tersebut. Selanjutnya, akan dibangun replikasi PLTMH Ngesrep Balong di area lain. 

Tak hanya itu, PT PLN Indonesia Power juga mendukung kemajuan usaha masyarakat dengan membantu UMKM Kopi Endemik mendapatkan legalitas kelompok tani, PIRT dan halal. PT PLN Indonesia Power UBP Semarang juga turut membantu pemasaran produk dengan berbagai kegiatan pameran yang diikuti oleh mitra binaan khususnya UMKM Kopi Endemik.

Pemberdayaan ini masih terus dikembangkan hingga nantinya masyarakat di Ngesrep Balong, Kendal dapat mandiri. Program itu mendapat apresiasi dari Kementerian Pengembangan Desa Tertinggal dan Transmigrasi bersama dengan ISSF.

 

Melalui Program CSR "Desa Mandiri Energi Ngesrep Balong Kendal Wujudkan Upaya Konservasi Gunung Ungaran" PT PLN Indonesia Power UBP Semarang mendapatkan penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award 2024 kategori GOLD yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Prof Dr A Halim Iskandar, M.Pd kepada F Erwin Putranto (Senior Manager PLN IP UBP Semarang).

Penghargaan ini sebagai salah satu wujud keberhasilan dari PLN IP UBP Semarang bersinergi dengan masyarakat Ngesrep Balong Kendal untuk dapat melakukan konservasi lingkungan serta meningkatkan kemandirian masyarakat melalui energi hijau PLTMH Ngesrep Balong. Agenda ini dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin.

“Pembangunan desa untuk mewujudkan struktur perekonomian negara yang lebih kuat. Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) kami harapkan agar ekonomi desa semakin berkembang pesat melalui pemberdayaan masyarakat desa melalui dana desa dan bantuan BUMN melalui CSR diharapkan dapat mendukung pembangunan desa yang berkelanjutan untuk mengembangkan pembangunan nasional," ujarnya.

"Kami apresiasi kepada BUMN dan perusahaan swasta yang berkomitmen membantu pemerintah untuk pembangunan ekonomi inklusif dan ramah lingkungan. Diharapkan dengan penghargaan ini dapat memacu dunia usaha untuk berkomitmen dengan program CSR perusahaan yang selaras dengan bidang usahanya,” ucap Ma’ruf Amin. 

 

Topik Menarik