Pemerintah Siapkan Relokasi dan Ganti Rugi untuk Warga di Sekitar IKN

Pemerintah Siapkan Relokasi dan Ganti Rugi untuk Warga di Sekitar IKN

Ekonomi | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 08:12
share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Pemerintah akan menggeser hunian warga yang berada di sekitar kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk alasan pembangunan. Selain itu, warga yang terdampak juga akan diberikan kompensasi berupa ganti rugi lahan dan dibangunkan hunian untuk relokasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, saat ini masih ada sekitar 2.000 hektare lahan yang masih belum dibebaskan dan masih dihuni oleh warga di sekitar IKN.

"Ini bagian dari hampir 2.000 hektare (yang akan di relokasi), ada rumah-rumah, atau kebun-kebun yang masih kita relokasi, dan kita bangunkan (rumah baru)," ujar Luhut saat mengunjungi IKN dikutip, Kamis (9/5/2024).

Luhut menargetkan, pembebasan lahan akan rampung pada akhir Mei. Mengingat penyediaan lahan membutuhkan waktu yang cepat untuk mendukung pembangunan ibu kota baru.

"Oleh sebab itu saya minta Kapolda, Pangdam, menyampaikan kepada masyarakat, kita kerja dulu sampai penggantian diberikan, tapi semua akan kita selesaikan sampai Akhir bulan ini," tuturnya.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan nantinya bangunan rumah warga yang terdampak relokasi akan dibangunkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR). Harapannya, rumah yang dibangunkan punya standar yang lebih baik dan lebih rapi dari segi tata letaknya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan lokasi warga yang akan digeser terutama yang terdampak pembangunan Jalan Tol IKN di untuk seksi 6A dan 6B, kawasan keagamaan, dan termasuk permukiman di hulu Sepaku yang kerap sebabkan banjir.

"Itu hutan di dalamnya ada masyarakat. (Lokasi relokasi) ada dari OIKN, karena ini aset dalam penguasaan lahan, itu sedang disiapkan dari OIKN lokasinya. Jadi di sekitar sini juga," ucap Basuki.

Topik Menarik