Progres Sumbu Kebangsaan IKN Tembus 98 Persen, UMKM Siap Ditarik Jualan di Sini

Progres Sumbu Kebangsaan IKN Tembus 98 Persen, UMKM Siap Ditarik Jualan di Sini

Ekonomi | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 11:17
share

KALIMANTAN TIMUR, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melaporkan saat ini progres pembangunan Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Nusantara (IKN) hampir rampung. Bahkan, angkanya sudah mencapai 98 persen.

Basuki menjelaskan, proyek paket penataan Sumbu Kebangsaan tahap 1 terdiri atas visitor center, toilet dan service area, ceremonius lawn, east plaza, west plaza, retail dan galery, forest trail, serta mini aphiteater. 

"Saat ini progres penataan Sumbu Kebangsaan sudah mencapai 98 persen. Nantinya juga bisa digunakan oleh UMKM," ujar Basuki saat meninjau IKN, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menarik para pelaku UMKM berjualan produk di IKN. 

Pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas pada pembangunan tahap awal ini adalah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), salah satunya Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I (Plaza Seremoni) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Secara filosofis, Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN Nusantara merupakan ruang terbuka yang menjadi simbol hubungan harmonis antaralam, manusia dan nilai luhur kebudayaan. 

Nantinya, Sumbu Kebangsaan ini secara imaginer akan menghubungkan Istana Presiden hingga Mangrove Ecopark melalui serial ruang terbuka, mulai dari Plaza Seremoni, Plaza Sipil/ Bukit Bendera, Plaza Bhinneka, Science and Tech Park, Plaza Adi Budaya, Plaza Pertunjukan hingga Plaza Demokrasi.

Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I konstruksinya dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero), dengan Konsultan Manajemen Konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) KSO PT Laras Sembada, dengan nilai kontrak sebesar Rp365,8 miliar. 

Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I terbagi menjadi beberapa zona, yaitu Zona 1 yang meliputi Wetland bagian Utara dan Gedung Visitor Center. Lalu Zona 2 terdiri dari Ceremonial Lawn, Gedung Retail & Gallery, Plaza Timur, Plaza Barat, dan Bangunan Toilet & Service. 

Selanjutnya, Zona 3 yang meliputi Central Promenade, Forest Walk, Forest Trail, Mini Ampitheater, dan Wetland bagian Selatan. Kemudian, Zona 4 dan Zona 5 terdiri dari Shared Street.
 
Adapun lingkup pekerjaannya meliputi perencanaan, persiapan dan pematangan lahan, pekerjaan lanskap di beberapa zona. Lalu, pekerjaan drainase, jalan, dan gedung visitor center, gedung retail, dan toilet.

Topik Menarik