Catat, Ini Daftar BUMN yang Bagi-bagi Dividen hingga Triliunan

Catat, Ini Daftar BUMN yang Bagi-bagi Dividen hingga Triliunan

Ekonomi | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 08:45
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah perusahaan pelat merah sudah menyepakati pembagian dividen kepada pemegang saham bernilai triliun rupiah pada tahun ini. Hal itu disetujui melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2023.

Adapun, perseroan berasal dari sejumlah sektor bisnis baik perbankan, telekomunikasi, hingga penyedia bahan bangunan. Adapun, dari entitas perbankan ada PT Bank Mandiri (persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. (BBTN), dan PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (BBRI).  

Kemudian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) selaku BUMN telekomunikasi, dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG yang bergerak dibidang penyedia bahan bangunan.

Rincian dividen yang dibagikan BUMN pada 2024

  • Telkom Indonesia

Telkom Indonesia menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun atau setara 72 persen dari perolehan laba bersih tahun buku 2023 (dividend payout ratio).

Dividen Telkom tumbuh sebesar 6,5 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu, sisanya 28 persen atau Rp6,88 triliun dialokasikan sebagai laba ditahan yang digunakan membiayai pengembangan usaha.

Dividen sebesar Rp178,50 per lembar saham diberikan kepada pemegang saham yang tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia pada 17 Mei 2024. Hal ini dibayarkan secara sekaligus selambat-lambatnya pada 6 Juni 2024.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca >>>

  • Semen Indonesia

Melalui RUPS tahunan, Semen Indonesia atau SIG menyetujui penggunaan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2023 sebesar Rp2,17 triliun.

Dari laba bersih, SIG menyepakati pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 26,36 persen atau setara Rp 572 miliar. Sisanya 73,64 persen atau Rp1,59 triliun ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

SIG dipastikan terus meningkatkan kapabilitas dengan menjaga kepemimpinan pasar, kinerja, dan pertumbuhan bisnis, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada pemegang saham.

  • Himbara 

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) atau bank pelat merah sudah menggelar RUPS tahun buku 2023. Melalui RUPS tahunan, tiap perusahaan menyepakati pembagian dividen. 

Dividen yang dibagikan masing-masing bank BUMN:

Dividen yang disetor BRI mencapai Rp48,1 triliun atau setara 79,63 persen dari laba bersih 2023. Setiap pemegang saham emiten pun akan mendapatkan dividen senilai Rp319 per saham.

Sebelumnya, BRI juga membagikan dividen interim Rp12,7 triliun pada 18 Januari 2024. Kala itu, pemegang saham mendapat dividen setara dengan Rp84 per saham.

Sedangkan, nilai dividen yang dikontribusikan BTN sebesar 20 persen dari total laba bersih tahun buku 2023 yakni, Rp3,5 triliun.

Tak kalah jumbo, Bank Mandiri juga ikut membagikan dividen kepada pemegang saham dengan nilai 60 persen dari laba bersih 2023 atau setara Rp33,03 triliun.

Adapun, 40 persen dari laba bersih konsolidasi tahun lalu disepakati sebagai laba ditahan untuk penguatan modal dan pengembangan usaha. 

Untuk dividen BNI yang disetujui dan dibagikan kepada pemegang saham berada di angka Rp10,45 triliun. Jumlah itu setara 50 persen dari laba bersih 2023. 

BNI memang membukukan laba bersih sebesar Rp20,9 triliun sepanjang tahun lalu. Angka tersebut naik 14,2 persen secara tahunan.

Topik Menarik