Pertama Kali! BKN Gelar Seleksi Calon Taruna TNI pakai Sistem CAT

Pertama Kali! BKN Gelar Seleksi Calon Taruna TNI pakai Sistem CAT

Berita Utama | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 07:30
share

JAKARTA, iNews.id - BKN untuk pertama kali menggelar Tes Kompetensi Dasar (SKD) untuk calon taruna TNI. Hal ini dilakukan untuk menggelar seleksi secara transparan dan juga berkualitas.

Menurut Waspers Panglima TNI, Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo penggunaan sistem CAT ini diharapkan mampu seobjektif mungkin untuk mendapatkan talent yang berkualitas yang dapat dididik menjadi taruna yang yang berintelegensi tinggi.

Tak cuma itu, Agus berharap penggunaan sistem CAT BKN, dapat memaksimalkan kapasitas dan kapabilitas diri calon taruna dalam mengikuti tes kompetensi dasar. 

“Seleksi Akademi TNI ditujukan sebagai penyaringan awal calon taruna yang disesuaikan dengan standardisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS),” kata dia dikutip iNews.id, Minggu (5/5/2024).

Terakhir, Agus mengatakan bahwa pelaksanaan TKD Akademi TNI Tahun 2024 dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2024 di 26 titik lokasi, yang terdiri atas 24 titik lokasi BKN (BKN Pusat, 13 Kantor Regional BKN dan 10 UPT BKN) serta 2 titik lokasi mandiri di Biak dan Merauke.

“BKN hanya memfasilitasi sistem CAT pada saat pelaksanaan seleksi, penentuan passing grade untuk standar kelulusan dilakukan oleh Mabes TNI,” ucapnya.

Di saat yang sama, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto menjelaskan bahwa infrastruktur CAT BKN dapat menyiapkan sistem yang kredibel, akurat dan transparan. Jumlah keseluruhan soal untuk seleksi Sekdin ini sebanyak 110 soal dengan rincian 35 soal intelegensi umum, 30 soal wawasan kebangsaan dan 45 soal karakteristik pribadi.

Topik Menarik