BI Ungkap Kabar Terbaru Rupiah Digital, Kapan Diluncurkan?

BI Ungkap Kabar Terbaru Rupiah Digital, Kapan Diluncurkan?

Berita Utama | inews | Selasa, 30 April 2024 - 06:05
share

SAMOSIR, iNews.id - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan informasi terbaru mengenai pengembangan Rupiah Digital yang akan menjadi alat pembayaran masa depan. Performance Manager di Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI, Elyana K Widyasari menjelaskan, BI tengah mengembangkan Proyek Garuda yang sudah disiapkan sejak 2023.

"Terkait rupiah digital, saat ini BI tengah mengembangkan Project Garuda. Stakeholders dipersiapkan menyampaikan pandangannya, tetapi masih berupa kajian masih di tataran belum sampai ke implementasi," ucap Elyana dalam diskusi Perkembangan Ekonomi Terkini dan Respon Bauran Kebijakan BI, Samosir, Sumatera Utara, dikutip, Senin (29/4/2024).

Elyana menambahkan, untuk mengembangkan Rupiah Digital, BI juga melihat kondisi pengembangan mata uang digital serupa di luar negeri. Dia menyebut, pengembangan di luar negeri dilakukan secara hati-hati.

"Pada saat mengembangkan ini melihat juga adanya perkembangan di luar tumbuhnya kripto sebagai alat pembayaran. Ketika ada tumbuhnya alternatif pembayaran module crypto sulit mengontrol risikonya," katanya.

Elyana menyebut, pembayaran alternatif model mata uang digital maupun kripto juga menimbulkan risiko. Risiko itu adalah sulitnya mengontrol mata uang jenis ini.

"Kembali lagi dengan adanya inovasi pasti diimbangi risikonya. Sesaat ini tahapnya masih pengembangan kajian," ucapnya.

Topik Menarik