Dukung RI Maju, Jokowi: Bukan Negara Besar Kalahkan Negara Kecil, tapi Negara Cepat yang Kalahkan Negara Lambat

Dukung RI Maju, Jokowi: Bukan Negara Besar Kalahkan Negara Kecil, tapi Negara Cepat yang Kalahkan Negara Lambat

Ekonomi | inews | Senin, 22 April 2024 - 09:15
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan di masa depan tidak lagi negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara cepat yang akan mengalahkan negara kecil. Ia pun berharap Indonesia menjadi negara yang cepat di kemudian hari.

"Karena ke depan bukan negara besar mengalahkan negara kecil. Tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Oleh sebab itu kita perlu cepat," ujarnya saat meresmikan Bandara Panua Puhowato, di Gorontalo, Senin (22/4/2024).

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia
merupakan negara besar yang memiliki 514 kabupaten dan kota, 38 provinsi dan 17.000 pulau yang semuanya memerlukan infrastruktur. Baik infrastruktur untuk pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan infrastruktur untuk konektivitas.

"Baik itu yang namanya pelabuhan, baik yang namanya jalan, baik itu yang namanya bandara. Kalau tidak kita miliki negara kita akan kalah bersaing. Tidak bisa berkompetisi dengan negara yang lain, produk-produk kita tidak bisa bersaing dengan negara-negara lain, kalah bersaing dengan negara-negara lain," tutur dia.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini menekankan bahwa pembangunan bandara menjadi sangat penting, selain untuk mengirim logistik juga dapat menjadi bagian untuk berkompetisi dengan negara lain.

"Agar apa? Mobilitas, kecepatan orang, kecepatan logistik barang itu bisa lebih baik lagi," kata dia.

Diketahui, Presiden Jokowi baru saja meresmikan Bandar Udara Panua Puhowato, Kabupaten Puhowato, Gorontalo pada hari ini Senin (22/4/2024). Pembangunan menghabiskan anggaran mencapai Rp437 miliar.

Topik Menarik