Kunjungan ke Cianjur, AHY Bagi-bagi Sertifikat Tanah ke Korban Gempa

Kunjungan ke Cianjur, AHY Bagi-bagi Sertifikat Tanah ke Korban Gempa

Ekonomi | inews | Minggu, 21 April 2024 - 19:10
share

CIANJUR, iNews.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (21/4/2024). Dalam kesempatan itu, ia turut membagi-bagikan sertifikat tanah kepda para korban gempa.

AHY berkunjung ke Kampung Cikadu II, Desa Gasol. Asal tahu saja, Desa Gasol merupakan desa yang terdampak Gempa 5,8 Magnitudo di Cianjur pada 2022 silam.

"Sebagai bentuk pemulihan pascagempa, Desa Gasol ini mendapat Program Penataan Kampung Melalui Konsolidasi Tanah. Tujuan program ini ialah untuk menjadikan kampung menjadi lebih layak, aman dan nyaman serta memiliki kepastian hak atas tanahnya," ucap AHY.

Diungkapkannya, berkat kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN, Rumah Amal Salman, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pemerintah daerah, kampung seluas 5.604 m2 ini ditata ulang serta dibangunkan akses jalan.

"Atas kesepakatan bersama, warga sukarela merelakan tanahnya untuk kemudian dibangun fasilitas umum sehingga aksesibilitas dan kualitas. lingkungan di Desa Gasol ini meningkat," tutur AHY.

Adapun sebagai bentuk andil dari Kementerian ATR/BPN, AHY menyerahkan 55 sertipikat tanah masyarakat hasil dari program Konsolidasi Tanah ini. Selain itu, dalam kegiatan ini diserahkan pula empat sertifikat wakaf kepada para nazir yang berasal dari berbagai daerah di Cianjur.

"Alhamdulillah kita berhasil melakukan konsolidasi tanah namanya, ini bagian dari program yang diunggulkan di Kementerian ATR/BPN atas niat baik kita semuanya setelah 2 tahun kita berhasil menata kembali kampung kita sehingga yang tadinya hancur bisa dibangun kembali," ucapnya.

AHY menjelaskan pembangunan itu dilakukan dengan perbaikan tata lokasi dan akses sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan normal.

"Bukan hanya dibangun seperti sedia kala tapi juga sudah lebih ditata lagi terutama akses jalannya, jadi yang tadinya sempit sekarang jauh lebih lebar. Ada beberapa yang belum sekian meter tadi Pak Bupati ya, (nanti) sama-sama kita upayakan agar yang tadi melintasi sawah di awal tadi yang masih sempit dalam waktu dekat bisa diperlebar," tutupnya.

Topik Menarik