Sri Mulyani Bicara soal Pelemahan Rupiah ke Rp16.200, Ini Katanya

Sri Mulyani Bicara soal Pelemahan Rupiah ke Rp16.200, Ini Katanya

Ekonomi | inews | Minggu, 21 April 2024 - 06:37
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya buka suara soal pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga menyentuh Rp16.200. Menurutnya, saat ini situasi global sangat memengaruhi perekonomian di Indonesia.

Sri Mulyani menilai penguatan dolar AS terhadap rupiah akan membuat nilai ekspor lebih baik. Namun, di sisi lain hal ini justru akan berdampak pada impor dan membuat tingkat inflasi naik.

"Saya sampaikan bahwa situasi global yang berkembang saat ini pasti akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga dolar terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia," tulis dia di Instagramnya, dikutip Minggu (21/4/2024).

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan pemerinetha terus mengantisipasi terhadap perkembangan saat ini. Ia pun yakin Indonesia akan selalu resilien dalam situasi tersebut.

Pihaknya akan selalu menjaga stabilitas ekonomi makro dari sisi moneter dan fiskal. Lalu, juga akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) hingga memastikan APBN dimanfaatkan secara efektif.

"Stabilitas ekonomi makro akan senantiasa dijaga, baik dari sisi moneter maupun fiskal. Koordinasi dengan Bank Indonesia terus dilakukan untuk beradaptasi dengan tekanan yang ada. Dari sisi fiskal, kita memastikan APBN berperan menjadi shock absorber yang efektif dan kredibel," tuturnya.

Selain itu, Sri Mulyani yakin bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap berada di level 5 persen. Hal ini didukung dengan ekspor dan data neraca perdagangan yang selalu surplus.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia masih optimis dan confident memiliki resiliensi ekonomi yang bagus, seperti saat melewati krisis pandemi lalu. Di tengah kondisi suku bunga dan inflasi global yang tinggi seperti saat ini, saya yakin ekonomi Indonesia akan tetap terjaga sesuai target, didukung oleh sisi ekspor yang kuat dan neraca perdagangan yang surplus," katanya.

Topik Menarik