Tiru India dan Thailand, RI Bakal Beri Insentif ke Apple, Luhut: Kita Juga Bisa Kasih Lebih

Tiru India dan Thailand, RI Bakal Beri Insentif ke Apple, Luhut: Kita Juga Bisa Kasih Lebih

Ekonomi | inews | Kamis, 18 April 2024 - 17:09
share

JAKARTA, iNews.id - CEO Apple Tim Cook mengaku akan berinvestasi ke Indonesia. Merespons hal itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan memberikan insentif yang lebih dari India dan Thailand.

"Tim Cook mengatakan Indonesia menjadi sasaran kami untuk investasi dan saya bilang sama dia oke Cook, kalau kamu lihat dapat investasi ini seperti di India dan Thailand, ya kita juga bisa beri yang sama dan Presiden minta follow up semua," ujar Luhut dalam Instagramnya dikutip Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini adalah masa kompetisi sehingga rencana investasi Apple ke Indonesia harus disambut. Misalnya dengan memberikan insentif lebih.

"Pak Luhut ini masanya kompetisi, jadi kalau di Thailand dapat dua ya kita juga bisa kasih lebih, misalnya dua koma berapa itu pasti bisa (Kata Jokowi kepada Luhut). Saya pikir benar sekali arahan presiden sehingga kami dan tim mengadopsi ini dan berharap kami akan bertemu dengan tim Apple," kata dia.

Tak cuma itu, Indonesia juga akan memberikan beberapa insentif, seperti membebaskan pajak barang masuk untuk beberapa produk yang dibutuhkan. Lalu mengubah aturan agar lebih fleksibel.

"Misalnya biaya masuk dia ada barang yang kita belum bisa diproduksi dan kita butuh untuk memproduksi suatu barang, ya kenapa kita pajakan kalau kita pajakin kan jadi akhirnya produk luar nggak mau masuk. Jadi kita tiru saja apa yang dibuat India. Thailand dan pelajari adjust kiri-kanan supaya sesuai aturan kita," imbuhnya.

"Tapi kalau aturan ini menghambat, kita memang harus ganti, jadi kita kadang membuat aturan yang mengikat diri kita sendiri sehingga kita tdk kompetitif, intinya persaingan itu akibatnya efisiensi dan Indonesia lebih kompetitif," kata Luhut.

Topik Menarik