AHY Bakal Keliling Indonesia Berantas Mafia Tanah di Daerah

AHY Bakal Keliling Indonesia Berantas Mafia Tanah di Daerah

Ekonomi | inews | Selasa, 16 April 2024 - 18:17
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pihaknya bakal berkeliling Indonesia pascalebaran untuk memberantas persoalan mafia tanah yang ada di daerah. Adapun saat ini menurutnya masih banyak persoalan kasus mafia tanah yang terjadi ditengah masyarakat. 

AHY menilai saat ini oknum mafia tanah masih menjadi momok di tengah masyarakat dan bahkan kerap merugikan negara. 

"Setelah berlebaran ini kita akan berkeliling ke berbagai daerah tidak hanya di Jawa, tapi luar Jawa juga, karena sudah menunggu cukup banyak kasus yang ingin kita selesaikan, sehingga kita akan ungkap kejahatan tanah disana sini," ujar AHY usai Halalbihalal di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

AHY menambahkan, pada 2023 target operasi mafia tanah adalah 61 target. Namun pada perjalanannya, terdapat 86 target yang berhasil diproses dengan potensi kerugian negara sekitar Rp11 triliun. 

Menurutnya, agenda pemberantasan mafia tanah menjadi sangat penting karena mafia tanah tak hanya memberikan dampak negatif kepada masyarakat, namun juga merugikan negara.

"Jaringan mafia tanah ini dapat berdampak serius kepada perekonomian kita. Butuh keseriusan kita untuk membentuk ekosistem yang ramah untuk semua," kata dia. 

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Satgas-Anti Mafia Tanah sekaligus Direktur Pencegahan dan Penanganan Konflik Pertanahan, Arif Rachman mengungkapkan strategi mencegah dan menyelesaikan masalah tindak pidana pertanahan, yaitu strategi integrasi hexagonal. 

"Konsep integrasi hexagonal ini mengedepankan koordinasi, kolaborasi, serta sinergi bersama empat pilar, seperti TNI, Polri, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya," ucap Arif.

Arif mengatakan, rencana target operasi untuk tahun 2024 adalah 66 target operasi. Namun, dari data yang ada, para peserta Pra Ops saat ini telah mengantongi sebanyak 99 target operasi. 

"Dari 99 target operasi ini akan kita analisis dan evaluasi kiranya berapa yang bisa dijadikan target operasi," ujarnya.

Topik Menarik