Gaji Perawat di Rumah Sakit, Bisa Tembus Rp7 Juta!

Gaji Perawat di Rumah Sakit, Bisa Tembus Rp7 Juta!

Ekonomi | inews | Selasa, 16 April 2024 - 17:11
share

JAKARTA, iNews.id - Gaji perawat di rumah sakit jadi informasi yang paling dicari banyak orang. Sebab, perawat jadi salah satu profesi impian bagi sebagian masyarakat.

Pada umumnya, perawat adalah tenaga Kesehatan atau nakes yang bertugas untuk merawat dan menjaga pasien. Profesi satu ini akan bekerja sama dengan dokter, bidan dan tenaga Kesehatan lainnya.

Adapun, terkait dengan gaji perawat di rumah sakit ditentukan oleh lingkup profesi yang nanti diambil. Sebelum itu, seorang perawat harus memiliki kualifikasi pendidikan tertentu agar bisa bekerja di suatu rumah sakit.

Gaji Perawat di Rumah Sakit

Menurut laman pencari kerja Indeed, Selasa (16/4/2024), rata-rata nominal gaji perawat di rumah sakit adalah RpRp3.840.769 dengan gaji terendah Rp1.492.000 dan tertinggi Rp7.256.000.

Berbagai tahapan perlu dilakukan untuk menjadi seorang perawat. Sebagai contoh mengambil jurusan keperawatan di Akademi Keperawatan ataupun di perguruan tinggi.

Masa belajar akademi keperawatan yang mengambil jurusan DIII Keperawatan adalah 3 tahun. Sementara itu, jika mengambil perkuliahan di fakultas ilmu keperawatan, masa pendidikannya adalah 4 tahun dan nantinya mendapatkan gelar S1 (Sarjana).

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan, kamu dapat mengambil jurusan profesi Ners. Gelar ini akan membuat seorang perawat diakui sebagai perawat profesional.

Salah satu syarat administrasi yang hendaknya dimiliki untuk bekerja di rumah sakit adalah STR (Surat Tanda Registrasi). Untuk membuat surat ini, perawat hanya perlu menyerahkan ijazah kelulusan dan melakukan registrasi melalui laman resmi Kemenkes.

Jika telah berhasil mendapatkan STR ini, nantinya perawat dapat menentukan jenis rumah sakit yang ingin untuk dituju. Seperti rumah sakit dengan pelat merah, negeri, swasta, atau bahkan rumah sakit di luar negeri.

Demikian ulasan mengenai gaji perawat di rumah sakit. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik