Arus Balik Mudik Lebaran, Ini 6 Tips Sebelum Masuk Jalur Contra Flow di Tol

Arus Balik Mudik Lebaran, Ini 6 Tips Sebelum Masuk Jalur Contra Flow di Tol

Ekonomi | inews | Sabtu, 13 April 2024 - 14:54
share

JAKARTA, iNews.id - Rekayasa lalu lintas contra flow di ruas jalan tol mulai diberlakukan pihak kepolisian. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan pada periode arus balik Lebaran 2024.

Contra flow di ruas tol Trans Jawa mulai berlaku sejak hari Jumat (12/4) malam mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70 sampai dengan KM 47 sebelum melanjutkan ke Japek Elevated atau MBZ.

Penerapan rekayasa lalin ini sebagai respons adanya peningkatan volume kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikampek Utama yang menandai dimulainya periode arus balik lebaran 2024. Jasa Marga mencatat pada Jumat (12/4), total kendaraan yang sudah masuk di GT Cikampek Utama ke arah Jakarta sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.57 WIB sebanyak 27.226 kendaraan. 

Jumlah tersebut tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama hari sebelumnya dengan total kendaraan yang masuk ke arah Jakarta sebanyak 22.528 kendaraan. 

Jasa Marga bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memberikan beberapa tips aman bagi pemudik sebelum mengambil jalur contra flow di Jalan Tol yang dikutip melalui akun resmi instagram @official.jasamarga.

Ini 6 tips sebelum mengambil jalur contra flow di Jalan Tol:

1. Jaga jarak aman dan patuhi rambu lalu lintas dan marka jalan

2. Pelajari jadwal dan titik contra flow

3. Pastikan kondisi kendaraan prima dan BBM terisi penuh

4. Pastikan kecepatan kendaraan sesuai dengan yang telah ditentukan

5. Apabila lajur contra flow lebih dari satu lajur, pastikan kendaraan tetap di lajur paling kiri kecuali pada saat akan mendahului

6. Bila terjadi kerusakan kendaraan, berhentilah di lajur paling kiri dan segera menghubungi pusat pelayanan petugas untuk meminta bantuan.

Topik Menarik