Berawal dari Desainer Sepatu, Christian Louboutin Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia

Berawal dari Desainer Sepatu, Christian Louboutin Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia

Ekonomi | inews | Selasa, 9 April 2024 - 05:20
share

PARIS, iNews.id - Desainer sepatu, Christian Louboutin masuk jajaran miliarder di dunia berkat merek fesyen eponimnya, Louboutin. Sebelumnya dia dikenal mengubah sol merah khasnya yang dikenakan sejumlah selebritis mulai dari Beyonce, Taylor Swift, dan lain-lain, menjadi emas asli.

Christian Louboutin menjadi miliarder setelah empat dekade menjaga kliennya tetap mengenakan sepatu hak tinggi bersol merah yang ikonik. Meskipun masih terkenal dengan stiletto yang menjulang tinggi dan platform berbahaya, merek Louboutin telah berkembang menjadi sepatu kets, tas, dan produk kecantikan, serta lini produk untuk pria dan anak-anak.

Mengutip Forbes Middle East, perusahaan ini bernilai 3,2 miliar dolar AS pada tahun lalu oleh Exor, investasi Keluarga Agnelli asal Italia yang membeli 24 persen saham pada 2021 dengan harga sekitar 650 juta dolar AS. 

Louboutin masih memiliki 35 persen saham yang menurut Forbes bernilai 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp17,49 triliun. Kepemilikannya tersebut mencakup sebagian besar kekayaan yang diperkirakan mencapai 1,2 miliar dolar AS, termasuk investasi lain seperti Hotel Vermelho, sebuah resor mewah yang dibukanya di Portugal selatan tahun lalu. 

“Saya memulai perusahaan dengan dua sahabat saya. Saya tidak pernah berpikir untuk menjual sebagian dari perusahaan. Saya tidak pernah memikirkan hal lain selain mendesain sepatu cantik," ujar Louboutin dalam sebuah wawancara. 

Sepatu yang diproduksi Louboutin harganya mulai dari 800 dolar AS hingga ribuan dolar. Louboutin membuka butik pertamanya di Paris pada 1991 dan salah satu pelanggan selebriti pertamanya adalah Putri Caroline dari Monaco. 

Sejak itu, sol merahnya menjadi perlengkapan di karpet merah. Pada Golden Globes tahun ini, sepatunya dikenakan oleh sejumlah bintang, termasuk Selena Gomez, Lenny Kravitz, Heidi Klum, dan Simu Liu.

Tahun lalu, baik Beyonce maupun Taylor Swift mengenakan Louboutin selama tur konser mereka masing-masing, dan Margot Robbie mengenakan sepasang bagal metaliknya ke Pertunjukan Perdana Barbie di London. 

Pada usia 16 tahun, Christian Louboutin dikeluarkan dari sekolah dan pergi ke India sebelum kembali ke Paris untuk magang di Folies Bergère, di mana dia mulai mendesain sepatu untuk para penari.

Kemudian, dia mendapatkan pekerjaan dengan desainer sepatu Prancis Charles Jourdan, diikuti dengan pekerjaan freelance untuk Chanel dan Yves Saint Laurent. Pada 1988, dia bekerja untuk Roger Vivier, yang terkenal karena menciptakan stiletto pada 1950-an.

Setelah membukukan rekor keuntungan selama pandemi, industri barang mewah mengalami pertumbuhan yang lebih lambat pada 2023. Sepatu merupakan kategori barang mewah dengan pertumbuhan paling lambat tahun lalu, dengan pertumbuhan hanya sebesar 2 hingga 3 persen, menurut Bain & Company. 

Hal ini juga berdampak pada Louboutin. Perusahaan ini mencatat laba bersih sebesar 37 juta dolar AS pada paruh pertama 2023, turun 51 persen dari periode yang sama pada 2022, di tengah kekurangan bahan baku dan lambatnya pertumbuhan di China. Namun, perusahaan tersebut menambah 10 butik dan terus menyumbang profit.

Topik Menarik