Mumbai Geser Beijing Jadi Kota di Asia dengan Miliarder Terbanyak

Mumbai Geser Beijing Jadi Kota di Asia dengan Miliarder Terbanyak

Ekonomi | inews | Senin, 8 April 2024 - 09:06
share

JAKARTA, iNews.id - Mumbai kini menjadi kota di Asia dengan jumlah miliarder terbanyak. Kota di India tersebut berhasil menggeser Beijing, menurut daftar orang kaya global yang diterbitkan Hurun Research Institute.

Mengutip CNBC Make It , ini merupakan pertama kalinya Mumbai menduduki posisi teratas di Asia. Namun, kota yang menduduki puncak daftar orang kaya global pada 2024 adalah New York dengan 119 miliarder, diikuti London sebanyak 97 miliarder.

Di Asia, Mumbai unggul dengan 92 miliarder, menyusul di belakangnya adalah Beijing sebanyak 91 miliarder dan Shanghai 87 miliarder.

Saat ini terdapat 3.279 miliarder secara global, meningkat 5 persen dari 2023, menurut laporan Hurun Research Institute.

Menurut peringkat negara, China masih menduduki puncak daftar dengan 814 miliarder, meskipun negara tersebut kehilangan 155 miliarder dibandingkan tahun lalu. Amerika Serikat (AS) berada di urutan kedua dengan 800 miliarder, sementara India berada di urutan ketiga dengan 271 miliarder.

China mengalami tahun yang buruk. Penciptaan kekayaan di China telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir, dengan menurunnya kekayaan miliarder dari sektor real estate dan energi terbarukan," tulis laporan tersebut dikutip, Senin (8/4/2024).

Zhong Shanshan dari China, pendiri sekaligus ketua raksasa air kemasan, Nongfu Spring mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya di China. Sementara, kekayaan Colin Huang, pendiri e-commerce Pinduoduo, melampaui CEO Tencent Ma Huateng dan menduduki posisi kedua tahun ini.

Sementara itu, AS, yang menambah jumlah 109 miliarder pada 2023, kini hanya memiliki 14 miliarder baru. Kecerdasan buatan merupakan pendorong signifikan peningkatan jumlah orang kaya di AS.

Indeks Miliarder Bloomberg menunjukkan bahwa pendiri Amazon Jeff Bezos dan CEO Tesla Elon Musk merupakan dua miliarder teratas di AS dengan kekayaan bersih masing-masing 201 miliar dolar AS dan 190 miliar dolar AS.

Taylor Swift bergabung dalam daftar Hurun Research dengan kekayaan bersih 1,2 miliar dolar AS setelah memulai Eras Tour-nya pada bulan Maret, dan sejauh ini tampil di AS, Amerika Selatan, Australia, Singapura, dan Tokyo.

Lebih dari separuh kekayaannya berasal dari royalti dan tur, termasuk 190 juta dolar AS dari bagian pertama tur Eras dan 35 juta dolar AS dari film konsernya. Sisanya didukung oleh nilai katalog musiknya, terutama setelah enam album pertamanya dijual ke Shamrock Capital seharga 300 juta dolar AS pada 2020, menurut laporan tersebut.

Setelah AS, India menjadi negara dengan penambahan penduduk baru terbesar kedua dengan 84 miliarder baru dalam daftar orang-orang terkaya.

Negara Asia Selatan ini kini menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia setelah PDB tumbuh sebesar 8,4 persen pada periode Oktober-Desember. Pada Desember 2023, pasar saham India melampaui Hong Kong sebagai pasar saham terbesar ketujuh di dunia, dan kini bernilai lebih dari 4 triliun dolar AS, berdasarkan data Refinitiv.

Ketua Reliance Industries India, Mukesh Ambani masih menjadi orang terkaya di Asia, dan menempati posisi orang terkaya ke-11 do dunia dengan total kekayaan bersih sebesar 110 miliar dolar AS, menurut indeks Bloomberg .

Pada Januari, Gautam Adani, pendiri sekaligus ketua Adani Group, sempat menyalip Ambani, namun kini tertinggal tiga tingkat dengan kekayaan bersih 97,9 miliar dolar AS.

Berikut daftar 10 kota teratas dengan miliarder terbanyak:

1. New York (119)
2. London (97)
3. Mumbai (92)
4. Beijing (91)
5. Shanghai (87)
6. Shenzhen (84)
7. Hong Kong (65)
8. Moskow (59)
9. New Delhi (57)
10. San Francisco (52)

Topik Menarik