Apple PHK 614 Karyawan setelah Hentikan Proyek Mobil Listrik

Apple PHK 614 Karyawan setelah Hentikan Proyek Mobil Listrik

Ekonomi | inews | Minggu, 7 April 2024 - 20:49
share

CALIFORNIA, iNews.id - Apple telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 614 karyawan. Mayoritas pengurangan pekerja berasal dari proyek yang mengerjakan mobil listrik tanpa pengemudi yang baru-baru ini dihentikan di California, Amerika Serikat (AS), menurut Bloomberg .

Mengutip BBC , Departemen Ketenagakerjaan negara bagian tersebut telah mendapatkan pemberitahuan terkait PHK karyawan itu pada 28 Maret lalu, di mana 614 pekerja akan diberhentikan pada Mei mendatang.

Adapun, raksasa teknologi ini berhasil terhindar dari PHK massal dalam beberapa tahun terakhir, tidak seperti perusahaan lain yang telah memangkas ratusan ribu karyawan sejak pandemi Covid-19.

Pada Mei 2023, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa PHK akan menjadi pilihan terakhir perusahaan. Sejauh ini terdapat lebih dari 50.000 PHK di industri teknologi pada 2024, menurut pelacak layoffs.fyi .

Perusahaan-perusahaan terkenal seperti Amazon, Google, Microsoft, Snap, dan PayPal termasuk di antara perusahaan teknologi yang mengumumkan pemangkasan karyawan pada 2024. Namun, Apple memberhentikan lebih sedikit karyawan dibandingkan pesaingnya.

Menurut GlobalData, AS memiliki tenaga kerja global sekitar 161.000 orang.

Analis Industri dari PP Foresight, Paolo Pescatore menuturkan, meski Apple adalah perusahaan paling bernilai di dunia, namun tidak ada seorang pun yang kebal terhadap PHK.

Meskipun hal ini mungkin tampak signifikan mengingat hal ini berkaitan dengan Apple sebagai salah satu raksasa teknologi besar terakhir yang melakukan PHK, hal ini tidak didorong oleh kebutuhan akan efisiensi. Hal ini lebih terasa seperti peralihan fokus strategis ke bidang-bidang baru lainnya seperti AI, ucap Pescatore.

Laporan yang menyebut Apple mengakhiri investasi bernilai miliaran dolar pada proyek mobil listrik tanpa pengemudi pertama kali muncul pada Februari lalu. Namun, perusahaan tidak pernah secara terbuka mengakui keberadaannya.

Apple dilaporkan menghabiskan miliaran dolar untuk penelitian dan pengembangan kendaraan yang sepenuhnya otonom tanpa roda kemudi dan pedal. Namun diketahui bahwa produksi kendaraan masih membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Perusahaan lain seperti Ford dan General Motors juga memperlambat penelitian kendaraan otonom karena kenaikan biaya. Dilaporkan bahwa Apple akan memindahkan banyak pekerja dari 2.000 tim mobil listriknya untuk mengerjakan proyek AI.

Menurut Bloomberg , tim ini sedang mengerjakan AI dan para pekerja diminta pindah ke Austin, Texas.

Topik Menarik