Volume Lalu Lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Melonjak 321 Persen pada H-4 Lebaran

Volume Lalu Lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama Melonjak 321 Persen pada H-4 Lebaran

Ekonomi | inews | Minggu, 7 April 2024 - 14:26
share

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melaporkan volume lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol Cikampek Utama melonjak 321 persen dari lalin normal pada H-4 lebaran atau Sabtu, 6 April 2024. Pada periode tersebut menjadi transaksi tertinggi jika dibandingkan dengan periode normal dengan total 122 kendaran per hari.

"Kemarin yang diprediksi menjadi puncak di hari Sabtu 6 April, kami mencatat di H-4 itu merupakan lalin tertinggi di GT Cikatama mencapai 122.000 kendaraan, ini meningkat sebesar 321 persen dari lalin normal," ujar Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani di Kantor Jasa Marga GT Cikampek Utama, Minggu (7/4/2024).

Faiza menambahkan, waktu favorit yang dipilih para pemudik melakukan perjalanan mayoritas berada pada sore menjelang malam hingga dini hari. Hal itu melihat keterisian rest area yang biasanya lebih padat jika pada waktu waktu tersebut.

"Jadi memang trennya itu pada saat masih puasa periodenya itu pada saat buka, terus menerus tuh, tarawih dan sebagainya, abis itu lanjut sampai malam hari, dini hari, sampai subuh," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Faiza menambahkan, total volume lalin pada H-5 hingga H-3 lebaran sebanyak 807.000 kendaraan. Angka tersebut merupakan akumulasi dari empat GT Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 41 persen jika dibandingkan dengan periode normal, atau naik sekitar 12 persen jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun lalu.

"Selain itu juga mungkin yang menjadi titik kepadatan itu adalah di GT Cikampek Utama dan GT Kalikangkung," kata Faiza.

Topik Menarik