KAI Daop 1 Jakarta Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2024 pada 15 April

KAI Daop 1 Jakarta Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2024 pada 15 April

Ekonomi | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 20:43
share

JAKARTA, iNews.id - Puluhan ribu pemudik terlihat memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Meskipun puncak arus mudik diperkirakan jatuh pada 8 April 2024, masyarakat sudah mulai berangkat mudik sejak 31 Maret lalu.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menuturkan, setelah Hari Raya Idul Fitri usai, diprediksi puncak arus balik akan jatuh pada 15 April 2024 mendatang.

Menurut pantauannya, akan ada sebanyak 43.000-44.000 orang yang akan kembali ke Jakarta menggunakan moda transportasi kereta api. Namunm angka tersebut masih bisa berubah atau bahkan bertambah seiring dengan pantauan total pemudik yang kembali ke kampung halaman.

Arus balik masa puncaknya kurang lebih tanggal 15 April nanti. Itu sudah terpantau kemarin sekitar 43 sampai 44 ribu, dan itu masih terus berkembang, ucap Ixfan kepada iNews.id saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Ixfan menambahkan, khusus untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, beberapa kota yang paling banyak dituju oleh pemudik yaitu dengan tujuan akhir Stasiun Gubeng Surabaya, Surabaya Pasar Turi, Lempuyangan, Solo, dan Purwokerto, Kertoarjo.

Berdasarkan dari sebaran tujuan relasi, itu dari Stasiun Pasar Senen lebih banyak ke Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, kemudian Lempuyangan, Solo, dan Purwokerto, Kertoarjo. Hal itu karena di sini lebih banyak kereta kelas ekonomi, tuturnya.

Bahkan Ixfan mengungkap bahwa pemidik yang datang pada hari ini jauh lebih banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya. Dari data yang ada, Ixfan menjelaskan bahwa total penumpang yang berangkat pada 4 April 2024 tercatat ada sebanyak 42.000 orang.

Angka tersebut ternyata mengalami peningkatan pada hari ini yang dilaporkan sebanyak 45.000 orang penumpang.

Karena kemarin itu cuma 42 ribu, sekarang ini informasi terakhirnya sampai 45 ribu yang berangkat dari Gambir, Senen, dan stasiun-stasiun lainnya, katanya.

Topik Menarik