Sri Mulyani Ungkap Alasan Anggaran BLT El Nino 2024 Belum Dieksekusi

Sri Mulyani Ungkap Alasan Anggaran BLT El Nino 2024 Belum Dieksekusi

Ekonomi | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 13:25
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino 2024 hingga saat ini memang belum dieksekusi. Hal ini disampaikannya saat merespons pertanyaan Hakim Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo terkait penurunan anggaran El Nino.

Sri Mulyani mengatakan, bantuan El Nino yang sudah disalurkan pada 2023 lalu dikeluarkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) berupa beras dan bantuan tunai dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Dia pun menuturkan bahwa pada 2023, anggaran El Nino memang mengalami peningkatan. Hal ini juga telah mendapatkan persetujuan DPR RI.

"Untuk 2023 yang bantuan El Nino, ada yang dalam bentuk bantuan beras disalurkan oleh Bapanas, sementara BLT disalurkan Mensos. (Memang) sudah ada anggaran dan ada tambahan di tengah tahun anggaran 2023 tapi sudah ada persetujuan DPR," ujar Sri Mulyani dalam Sidang PHPU Pilpres 2024 di Gedung MK, Jumat (5/4/2024).

Sementara itu, untuk anggaran El Nino 2024, Sri Mulyani menyebut, bantuan ini telah berubah nama menjadi Mitigasi Risiko Pangan. Namun, penyalurannya tetap melalui Bapanas untuk bantuan beras dan Kemensos untuk bantuan tunai.

"Untuk di 2024, yang sudah dieksekusi adalah bantuan pangan yang ada di Bapanas yang 10 kg kali enam bulan. Sedangkan BLT El Nino 2024 belum dieksekusi. Nama bantuannya jadi Mitigasi Risiko Pangan," katanya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengungkapkan alasan BLT El Nino tak kunjung cair. Padahal diakuinya, anggaran untuk bantuan ini kemungkinan akan ditambah.

"Itu akan ditambah anggarannya di Kemensos, tapi Bu Mensos (Tri Rismaharini) bilang belum mulai sampai hari ini. Jadi Kemenkeu belum dapat dokumen untuk eksekusi bantuan pangan tersebut. Jadi belum ada pelaksanaannya," ucapnya.

Topik Menarik