Daftar 7 Bank Bangkrut di Awal 2024, Nomor 5 Ada di Purworejo Jateng

Daftar 7 Bank Bangkrut di Awal 2024, Nomor 5 Ada di Purworejo Jateng

Ekonomi | semarang.inews.id | Rabu, 27 Maret 2024 - 12:20
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id Ada sejumlah bank bangkrut di awal 2024 memberikan informasi yang menarik. Kebangkrutan mereka menandakan ada masalah dalam sistem mereka.

Karena itulah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha sejumlah Bank Perekonomian Rakyat (BPR) selama tiga bulan pertama tahun 2024.

Angka ini mencapai batas atas rata-rata bank yang jatuh setiap tahun, menurut data dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Lantas apa saja bank bangkrut di awal 2024? Simak penjelasan yang dihimpun MPI dari berbagai sumber tepercaya.

Daftar Bank Bangkrut di Awal 2024
Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, menyatakan bahwa setiap tahun sekitar 6 hingga 7 BPR jatuh. Mayoritas kejatuhan tersebut disebabkan oleh masalah manajemen yang buruk dari pemiliknya.

LPS saat ini memiliki aset sebesar Rp214 triliun, lebih dari cukup untuk menutup klaim dari tujuh BPR yang jatuh tahun ini. Total klaim simpanan dari seluruh BPR yang bangkrut tidak melebihi Rp1 triliun. Berikut adalah daftar BPR yang bangkrut sepanjang tahun ini:

1. BPR Wijaya Kusuma

BPR terletak di Madiun ini dicabut izinnya oleh OJK pada 4 Januari 2024. Penyebabnya, karena bank itu tidak dapat melakukan penyehatan sesuai ketentuan.

2. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto (Perseroda)

BPRS terletak di Mojokerto ini dicabut izinnya oleh OJK terhitung 26 Januari 2024. Kondisi BPRS Mojo Artho sebelum ditutup telah masuk daftar pasien LPS dan kondisinya status terus memburuk karena pengelolaan yang tidak didasarkan pada prinsip kehati-hatian.

3. BPR Usaha Madani Karya Mulia

BPR yang terletak di Surakarta itu dicabut izinnya oleh OJK 5 Februari 2024, setelah gagal melakukan para pengurus dan pemegang saham gagal untuk melakukan penyehatan.

4. BPR Pasar Bhakti Sidoarjo

BPR yang terletak di Sidoarjo, Jawa Timur ini dicabut izin usahanya oleh OJK 16 Februari 2024.

5. BPR Purworejo

Berada di Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), BPR Purworejo dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 20 Februari 2024.

6. BPR EDC Cash

BPR yang bertempatan di Tangerang Banten itu dicabut izinnya oleh OJK tanggal 27 Februari 2024.

7. BPR Aceh Utara

BPR Aceh Utara dicabut izinnya oleh OJK terhitung 4 Maret 2024. Sebelumnya, BPR itu telah menyandang status Bank Dalam Resolusi (BDR) pada 12 Januari 2024.

Sekretaris LPS Dimas Yuliharto mengatakan ini disebabkan karena kondisi keuangan BPR Aceh Utara kian memburuk dan tidak mampu disehatkan kembali oleh pemiliknya.

Itulah penjelasan bank bangkrut di awal 2024. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. (MYY)

Topik Menarik