DLU Siapkan Kapal Berkapasitas 300 Penumpang untuk Mudik Gratis Kumai-Semarang

DLU Siapkan Kapal Berkapasitas 300 Penumpang untuk Mudik Gratis Kumai-Semarang

Ekonomi | semarang.inews.id | Jum'at, 22 Maret 2024 - 00:36
share

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang menyiapkan delapan kapal penumpang dalam angkutan lebaran 2024.

Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang Herwanto mengatakan, delapan kapal tersebut adalah empat milik PT PT Pelni dan PT DLU (Dharma Lautan Utama).

Pihaknya siap menyelenggarakan Posko Angkutan Lebaran 2024 yang akan dimulai tanggal 26 Maret hingga 26 April 2024. Sedangkan untuk kapal angkutan menurutnya sudah dilakukan rampcheck sehingga semua laik untuk mengangkut penumpang.

Sudah siap dalam pengertian sarana dan prasarana untuk penumpang untuk moda angkutan laut khusunya DLU juga sudah disediakan 4 kapal, kemudian dari Pelni juga 4 kapal. Semua kapal kapal yang akan mengangut penumpang laik laut dan itu susah kami lakukanrampcheck beberapa waktu lalu, katanya saat menghadiri buka bersama dengan PT DLU di Semarang, Kamis (21/3).

Herwanto juga memperkirakan adanya kenaikan jumlah penumpang sebesar 17 persen dikarenakan sudah tidak adanya larangan (seperti masa pandemi ) dan hari libur yang cukup panjang.

Untuk angkutan lebaran tahun ini PT DLU berperan dalam mudik gratis. Direktur SDM dan Umum PT DLU Muhammad Wahyudin mengatakan, pihaknya menyediakan satu kapal dengan kapasitas 300 penumpang untuk mudik gratis dari Kumai ke Semarang.

Pihaknya juga berencana menambah satu kapal lagi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.Mengantisipasi supaya kapasitas angkutnya lebih banyak lagi dan diharapkan trafik orang mudik maupaun nanti arus balik tidak mengalami kesulitan mencari transportasi. Insayaalh nanti kita tambah satu jadi ada lima kapal kita siapan di pelabuhan Semarang, ujarnya.

Senada dengan Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang, Wahyudin juga memperkirakan akan ada peningkatan penumpang dibanding tahun lalu.

Kita juga punya prediksi ada peningkatan, karena mulai tahun kemarin juga sudah mulai ada lonjakan yang kedua kali juga melihat bahwa perekonomian masyarakat secara umum juga ada peningkatan,sehingga keinginan masyarakat untuk bersilahlurahmi dengan keluarganya juga cukup tinggi, ujarnya.

Sementara Manager Cabang Kantor PT DLU, Hermawan Fajar mengatakan mudik gratis dari Kumai ke Semarang akan dilaksanakan tanggal 4 April. Sedangkan untuk arus baliknya yakni dari Semarang ke Kumai pada 14 April.

Masyarakat yang ingin memanfaatkan mudik gratis bisa datang ke kantor PT Dharma Lautan Utama, karena pelayanan ada di kantor DLU,dengan persyaratan membawa KTP atau KK, mulai 26 Maret 2024, ujarnya.

Topik Menarik