Dipercepat, Pedagang Kini Bisa Cairkan Dana QRIS di Hari yang Sama!

Dipercepat, Pedagang Kini Bisa Cairkan Dana QRIS di Hari yang Sama!

Ekonomi | inews | Kamis, 21 Maret 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa pihaknya mempercepat pencairan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Nantinya, para pedagang bisa langsung mencairkan dana di hari yang sama.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan saat ini penyedia jasa pembayaran (PJP) sedang berusaha meningkatkan disbursement dananya ke merchant. Bahkan, sudah lebih dari 50 persen yang bisa mencairkan dana di hari yang smaa.

"Saat ini paling tidak sudah hampir 55 PJP itu bisa menyelesaikan h+0 jadi hari yang sama, ada beberapa bank bahkan setelmen 2 kali dalam sehari, ini mereka sedang melakukan usaha percepatan supaya hari yang sama bisa diterima dananya," ujar Fili dikutip Kamis (21/3/2024).

Diketahui, transakai QRIS saat ini meningkat tajam, yakni 161,51 persen. Jumlah penggunanya pun mencapai 46,98 juta dan jumlah merchant mencapai 31,27 juta.

Namun, hal itu berbanding terbalik dengan transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit yang menurun. Tercatat, transaksi tersebut mencapai Rp566,65 triliun atau turun 8,81 persen (yoy).

Topik Menarik