Gubernur BI Siap Ngantor di IKN, Bakal Ikut Upacara 17 Agustus

Gubernur BI Siap Ngantor di IKN, Bakal Ikut Upacara 17 Agustus

Ekonomi | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo beserta jajaran menyatakan siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahkan, mereka akan ikut upacara pada HUT RI 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kalau IKN nanti ya tapi kita 17 Agustus Insya Allah akan upacara di sana," ucap Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S Budiman dalam konferensi pers RDG BI Bulan Maret 2024 di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Gubernur BI Perry Warjiyo menambahkan, perpindahan kantor BI sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia di mana dijelaskan bahwa kantor pusat BI terletak di Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Ketentuan itu ada di pasal 5 UU BI.

"Tapi tentu saja operasinya tentu saja Jakarta tetap akan menjadi suatu pusat kegiatan karena operasional sebagian besar pembayaran, moneter, cadangan devisa, sektor keuangan ada di Jakarta," kata Perry.

Apalagi, kata Perry, sejak masa Covid-19, BI sudah terbiasa dengan teknologi digital. Maka dari itu, pola kerja hybrid bisa diterapkan.

"Pola kerjanya sudah pola kerja hybrid, seperti sekarang Pak Juda meski sedang dinas di Basel, 2 hari ini ikut RDG (rapat dewan gubernur) dan itu sah sesuai peraturan dewan gubernur, sehingga kedudukannya di sana, kegiatan, tugas-tugas BI secara digital, secara virtual," tutur Perry.

Topik Menarik