BI Solo Kick Off Penukaran Uang Lebaran, Dimulai di Masjid Raya Sheikh Zayed

BI Solo Kick Off Penukaran Uang Lebaran, Dimulai di Masjid Raya Sheikh Zayed

Ekonomi | sleman.inews.id | Rabu, 20 Maret 2024 - 17:40
share

SOLO, iNewsSleman.id Bank Indonesia (BI) Cabang Solo menyiapkan uang Rp4,3 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2024. Layanan penukaran uang meIalui kas keliling BI dan bank umum dimulai di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Rabu (20/3/2024).

Guna menyambut Ramadan dan Idul Fitri 2024, BI Solo telah menyiapkan kebutuhan uang rupiah bagi masyarakat Soloraya. Kesiapan baik dari segi kualitas uang, jumlah maupun jenis pecahan yang dibutuhkan masyarakat.

Seiring geliat pertumbuhan aktivitas ekonomi, kebutuhan uang rupiah saat Ramadan dan Lebaran 2024 di Soloraya diperkirakan mengalami peningkatan. BI Solo menyiapkan Rp4,3 triliun atau meningkat 5 persendibandingkan realisasi Ramadan dan Lebaran tahun lalu yang sebesar Rp4,1 trillun.

Kami bersama perbankan Soloraya akan memenuhi kebutuhan uang meIalui layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) kepada masyarakat meIalui 93 titik layanan penukaran uang, didukung dengan komitmen peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat Iuas, kata Kepala BI Solo Dwiyanto Cahyo Sumirat.

Penukaran dilakukan setiap hari dimulai 1-5 April 2024. Layanan penukaran uang bersifat gratis atau tidak dipungut biaya. Dengan memperhatikan aspek pemerataan dan keadilan bagi masyarakat, paket penukaran maksimal Rp3,7 juta per orang.

Terdiri atas paket satu pak pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000. Masyarakat yang akan menukarkan uang ke bank dapat menunjukkan KTP. Satu KTP dapat digunakan satu kali penukaran selama periode Ramadan.

Masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi kantor bank yang melayani penukaran karena terdapat spanduk informasi layanan penukaran di depan kantor masing-masing bank.Layanan penukaran UPK juga dilayani meIalui kegiatan kas keliling BI dan bank umum. Ditandai dengan Kick off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024 tanggal 20 Maret 2024 di Masjid Raya Sheikh Zayed.

Lokasi tersebut dipilih mengingat keberadaannya sebagai ikon baru Kota Solo yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat peribadatan, namun juga sebagai destinasi wisata religi di Indonesia.

Kegiatan kas keliling selama Ramadan akan dilakukan sebanyak 9 kali berlokasi di area publik, seperti Benteng Vastenburg, halaman Balai Kota Solo, Terminal Tirtonadi, Rest Area ToI Boyolali, dan Rest Area ToI Sragen. Bagi masyarakat yang akan meIakukan penukaran UPK meIalui mobil kas keliling, dapat meIakukan pemesanan terlebih dahulu meIalui website https://pintor.bi.go.id.

Topik Menarik