Pos Indonesia Raih 2 Penghargaan Bergengsi  di BUMN Award 2024

Pos Indonesia Raih 2 Penghargaan Bergengsi di BUMN Award 2024

Ekonomi | tangsel.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 12:20
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - PT Pos Indonesia (Persero) telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam berbagai bidang bisnisnya dalam beberapa tahun terakhir. Transformasi dan inovasi yang diterapkan di hampir semua divisi Pos Indonesia telah menjadi faktor utama dalam perkembangan perusahaan BUMN tertua ini, yang sekarang dikenal dengan brand Pos IND.

Langkah-langkah transformasi dan inovasi bisnis yang diambil oleh Pos IND telah berdampak positif pada pertumbuhan bisnis baik secara sektoral maupun secara keseluruhan, dan juga memberikan dampak positif pada respon masyarakat terhadap layanan Pos IND yang dianggap sangat bermanfaat. Berkat terobosan dan langkah-langkah strategis yang telah diambil, perusahaan yang berfokus pada logistik dan bisnis pada rantai pasokan ini telah mendapatkan berbagai apresiasi, termasuk di ajang BUMN Award 2024.

Pos Indonesia berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang tersebut, yaitu kategori 'Inovasi Bisnis Perusahaan Terbaik' dan 'Transformasi Digital Perusahaan Terbaik'. Penghargaan tersebut, yang merupakan peringkat pertama atau juara satu, diterima langsung oleh Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos IND, Haris.

Sementara itu, PT Pos Properti Indonesia, anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero), berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori 'Pengembangan Talenta & SDM Unggul Perusahaan Terbaik', dan Direktur PT Pos Properti Indonesia, Junita Roemawi, terpilih sebagai 'Best CEO in Optimalisation Assets to Real Estate Industry'.

"Penghargaan yang kami terima sore hari ini merupakan pengakuan atas kesuksesan program transformasi yang telah dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh PT Pos Indonesia di bawah kepemimpinan Pak Faisal telah berhasil dan diakui oleh seluruh BUMN," ujar Haris.

Salah satu transformasi dan inovasi yang dilakukan oleh Pos Indonesia adalah di sektor layanan jasa keuangan. Dalam sektor ini, perusahaan menerapkan program digitalisasi dalam penyaluran bantuan sosial, mulai dari penyaluran bantuan sosial PKH dan sembako hingga BLT Minyak Goreng dan BLT El Nino.

"Di sektor ini, kami telah melakukan berbagai inovasi sehingga program bantuan ini diakui oleh pemerintah dan benar-benar dapat mendukung program-program yang sedang dijalankan pemerintah terkait dengan penyaluran berbagai bantuan sosial. Jadi, jika sebelumnya Pos dikenal dengan penyaluran tunai, sekarang kami telah menyiapkan platform digital untuk penyaluran bantuan sosial kepada 20,7 juta penerima manfaat," jelas Haris.

Haris juga mengakui bahwa Pos IND melakukan transformasi digital tersebut karena belajar dari pengalaman. Pos tidak pernah merasa puas dan terus melakukan inovasi bahkan setelah berhasil melakukan penyaluran bantuan sosial.

Sebelumnya, Pos Indonesia hanya melakukan pengiriman bantuan melalui rekening atau tunai. Namun, kini Pos telah menerapkan penggunaan teknologi digital, seperti Pos Giro Cash (PGC), untuk melakukan penyaluran.

"Untuk kali ini, kami telah menyiapkan platform Pos Giro Cash di mana proses penyalurannya sangat akuntabel. Kami menyediakan dashboard sehingga pihak-pihak yang berkepentingan dapat melihat kemajuan dari penyaluran kami. Selain itu, dalam proses penyaluran ini, kami juga menyediakan berbagai bukti seperti foto penerima, lokasi rumah, foto penerima, dan geotagging," jelas Haris.

Pos IND terus melakukan transformasi, mewujudkan digitalisasi di berbagai bidang bisnisnya.

Dalam rentang perjalanannya yang panjang, Pos IND telah membuktikan bahwa tidak hanya bertahan dalam menghadapi perubahan zaman, tetapi juga dinamis dalam mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu bukti nyata adalah dalam bisnis Jasa Keuangan, yang merupakan salah satu pilar bisnis Pos IND. Hal ini menunjukkan bahwa perseroan ini mampu beradaptasi dengan pesatnya teknologi dan digitalisasi.

"Platform yang kami bangun sepenuhnya berbasis digital dan telah membantu dalam mempercepat proses, termasuk penyaluran dan pelaporan yang lebih akuntabel. Hal yang lebih penting adalah bahwa karena ini melibatkan uang negara, kami dapat mempertanggungjawabkan setiap rupiah yang kami salurkan," ungkapnya, Rabu (13/3/2024) lalu.

Haris juga menegaskan bahwa Pos Indonesia akan terus melakukan inovasi di berbagai lini bisnisnya dan terus bertransformasi. Tujuannya adalah agar transformasi yang dilakukan tetap relevan untuk masa depan.

"Yang kami lakukan saat ini adalah upaya untuk tetap relevan dengan kondisi masa kini melalui program transformasi. Kami terus berinovasi agar PT Pos Indonesia tetap relevan di masa depan. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk terus berinovasi sehingga PT Pos Indonesia dapat terus melayani Nusantara ini selama 278 tahun ke depan," tutup Haris.

Pos Indonesia mendapatkan Penghargaan BUMN Award 2024 sebagai pengakuan atas kinerja positifnya dalam tiga tahun terakhir. Pos IND dianggap sebagai salah satu BUMN yang terus mengalami perkembangan, khususnya dalam bidang bisnis berkelanjutan.

Topik Menarik