Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Dibangun Mulai September 2024

Menteri PUPR Targetkan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Dibangun Mulai September 2024

Ekonomi | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 07:49
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi bisa menjadi proyek pemerintah sehingga akan dilelang. Diharapkan, jalan tol ini bisa dimulai pada September 2024.

Kemudian kita lakukan FS ( feasibility study ) lagi karena akan diubah menjadi solicited menjadi prakarsa pemerintah kita akan lelangkan, saat ini sudah, mudah-mudahan September nanti bisa dimulai konstruksinya," ujar Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip, Selasa (19/3/2024).

Basuki menjelaskan, proyek tersebut tadinya dijalankan oleh PT Tol Jagat Kertibali, namun terputus atau tidak berlanjut.

Mengenai jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, ini tadinya unsolicited oleh PT Tol Jagad Kertibali, pada 8 Maret 2022, mereka sudah membebaskan lahan 44,64 ha senilai Rp112,37 miliar. Total panjangnnya ada 96,84 km, dengan total investasi Rp22,84 triliun, tapi pada saat financial close mereka tidak bisa memenuhi sehingga kita putus, tuturnya.

Adapun Basuki menyebut terdapat hal yang perlu dilalukan tentang perubahan dari unsolicited menjadi solicited project tol tersebut. Pertama, ada legal opinion dari Jaksa Agung mengubah unsolicited menjadi solicited .

"Kedua, BPKP juga harus audit ini, ketiga pembebasan lahan dari LMAN sudah disetujui senilai Rp3,9 triliun disiapkan oleh LMAN karena memang menjadi solicited menjadi pemrakarsa pemerintah," ucapnya.

Topik Menarik