Laju Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten PALI Meningkat Konsisten, Kepala Bappeda: Ada Peran Besar Bupati

Laju Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten PALI Meningkat Konsisten, Kepala Bappeda: Ada Peran Besar Bupati

Ekonomi | palembang.inews.id | Senin, 18 Maret 2024 - 21:20
share

PALI, iNewspalembang.id – Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) secara konsisten menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Bahkan, PALI juga tercatat sebagai dua kabupaten yang berhasil meningkatkan LPE di Provinsi Sumsel, yakni bersama kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Bisa disebut, semua peningkatan tersebut setelah Dr Ir H Heri Amalindo MM memimpin kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan ini.

Seperti pada kenaikan pertumbuhan ekonomi di PALI pada tahun 2023 lalu menjadi 4,66. Sementara pada tahun 2022 lalu, LPE kabupaten PALI di angka 4,43.

Menurut Kepala Bappeda PALI, Ahmad Jhoni, SP MM, kenaikan LPE Kabupaten PALI terseut berasal dari beberapa sektor perdagangan yang mengalami kenaikan.

"Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang kami terima, pertumbuhan ekonomi ini diraih dari sisi produksi, yakni pada seksi penyediaan akomodasi makan dan minum mengalami pertumbuhan sebesar 12,14 persen," ujar dia.

Jhoni mengatakan, berikutnya sejumlah sektor lapangan usaha lain yang tumbuh dengan laju diatas 5 persen, yakni industri pengolahan tumbuh 8,38, pengadaan air, pengolahan sampah dan limbah tumbuh 7,93.

Kemudian, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor tumbuh 7,93, Informasi dan Komunikasi tumbuh 6,77, real estate tumbuh 5,81, pengadaan listrik dan gas tumbuh 5,69, serta jasa konstruksi tumbuh 5,05.

“Sektor lapangan usaha yang tumbuh antara 3 – 4 persen antara lain administrasi pemerintahan 4,24 persen, Jasa Perusahaan 3,91 persen. Pertanian, Kehutanan dan Perikanan tumbuh 3,79 persen, Jasa Pendidikan tumbuh 3,71 persen, Pertambangan dan Penggalian 3,49 persen, Transportasi dan Pergudangan 3,49 persen, dan Sektor Jasa Lainnya tumbuh sebesar 3,32 persen. Sementara sektor lainnya tumbuh positif antara 0,03 hingga 2,93 persen," kata dia.

Terhadap hasil tersebut, Jhoni tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Bupati PALI, Heri Amalindo dan Wakil Bupati Soemarjono yang terus memberi arahan kepada perangkat daerah untuk selalu optimal dalam memaksimalkan potensi yang ada di kabupaten PALI.

‘Hasil ini tak terlepas dari arahan Pak Heri Amalindo dan Pak Soemarjono yang selalu memberikan dorongan, masukan dan dukungan kepada perangkat daerah untuk tak pernah bosan dan berhenti memaksimalkan potensi daerah. Juga untuk perangkat daerah yang telah bahu membahu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kabupaten PALI," jelas dia.

Jhoni berharap, laju pertumbuhan ekonomi kabupaten PALI pada tahun mendatang semakin meningkat dan bermuara terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat.

"Laju pertumbuhan ekonomi PALI sekarang selaras dengan visi misi pak Bupati dan Wakil Bupati, menciptakan sentra ekonomi rakyat yang menciptakan kesejahteraan masyarakat. Semoga lebih optimal lagi," tandas dia. 

Topik Menarik