Kepala Bapanas dan Dirut Bulog Lapor Stok Beras-Daging Jelang Lebaran ke Jokowi, Apa Hasilnya?

Kepala Bapanas dan Dirut Bulog Lapor Stok Beras-Daging Jelang Lebaran ke Jokowi, Apa Hasilnya?

Ekonomi | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 12:51
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dan Direktur Utama Bulog, Bayu Krisnamurthi menyambangi Istana Kepresidenan pada hari ini Senin (18/3/2024). Kedatangan mereka untuk melaporkan mengenai bahan pangan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Persiapan Lebaran kan sudah disiapkan, tadi kita update beberapa hal untuk persiapan Lebaran ini termasuk beras, daging dan komoditas strategis," kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan.

"Kita kan biasalah report mingguan kami kan lapor mingguan soal pangan tidak hanya beras," tutur dia.

Arief menyebut bahwa stok beras hingga saat ini dinilai aman. Sedangkan untuk harga masih dalam relaksasi Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Harga kan dalam posisi relaksasi dari angka HET Rp13.900 relaksasi sampai tanggal 23 itu Rp14.900. Ini berikan ruang agar beras ini ketersediaannya semua lebih baik," kata Arief.

Arief mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih mengutamakan produksi dalam negeri. Namun, katanya, untuk Bulog ketersediaan hari ini memang pengadaan dari luar negeri.

"Kita ini justru siapkan panen Maret April ini. Harga gabah ini terkoreksi secara nasional menjadi Rp6.700 kan, kalau harga gabah terkoreksi otomatis harga beras itu akan terkoreksi juga. Dengan catatan produksi tetap sesuai dengan perencanaan," ungkapnya.

Topik Menarik