PUPR Renovasi Stadion Teladan di Medan Senilai Rp275 Miliar, Kapan Rampung?

PUPR Renovasi Stadion Teladan di Medan Senilai Rp275 Miliar, Kapan Rampung?

Ekonomi | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 10:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian PUPR gelontorkan Rp275,09 miliar melakukan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan di Kota Medan, Sumatera Utara. Renovasi ini akan membangun kembali stadion dengan luas lahan 36.000 m2 serta 3 lantai.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rehabilitasi sarana olaraga ini diharapkan mampu mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional melalui pembangunan serta rehabilitasi sarana dan prasarana olahraga.

"Melalui pekerjaan rehabilitasi dan renovasi ini, diharapkan Stadion Teladan ini dapat menjadi sarana olahraga yang lebih baik bagi warga Sumatera Utara serta dapat mendukung penyelanggaraan event-event lainnya, khususnya di bidang sepak bola," kata Basuki dalam keterangan resminya, dikutip Senin (18/3/2024).

Kepala BPPW Deva Kurniawan Rahmadi mengatakan pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan dilakukan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung selaku kontraktor pelaksana sejak Desember 2023 dengan biaya Rp275,09 miliar. Dana tersebut bersumber dari APBN.

Selain itu rehabilitasi stadion ini juga merupakan bentuk kolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan untuk pekerjaan fisik sarana dan prasarana pendukung Stadion Teladan dengan biaya Rp129,1 miliar yang bersumber dari dana APBD Kota Medan.

"Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan saat ini mencapai progres 3 persen dan ditargetkan selesai seluruhnya pada Desember 2024. Nantinya stadion ini akan dapat menampung sebanyak 20.080 penonton, yaitu 20.000 unit untuk penonton reguler dan 80 unit untuk penonton difabel," tutur Dava.

Lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, pekerjaan atap, dan pekerjaan pemugaran.

Topik Menarik