6 Sekuritas Siap Jadi Pilot Project Single Stock Futures, Ditargetkan Mulai Kuartal I 2024

6 Sekuritas Siap Jadi Pilot Project Single Stock Futures, Ditargetkan Mulai Kuartal I 2024

Ekonomi | inews | Selasa, 5 Maret 2024 - 08:00
share

JAKARTA, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat enam perusahaan sekuritas yang siap berpartisipasi dalam perdagangan awal produk Single Stock Futures (SSF) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Meski tidak dirinci namanya, masih terdapat satu anggota bursa (AB) yang bersedia menjadi penyedia likuiditas atau liquidity provider.

“Saat ini kesiapan dari anggota bursa sudah terdapat 16 AB menyatakan minat, dan enam AB telah siap untuk piloting, satu AB bersedia jadi liquidity provider,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon dan Anggota Dewan Komisioner OJK, Inarno Djajadi dalam konferensi pers dikutip, Selasa (5/3/2024).

Inarno menambahkan, saat ini proses penerbitan masih menunggu sejumlah mekanisme pendukung, khususnya integrasi peraturan dari PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) untuk mengakomodir proses bisnis produk derivatif tersebut.

Efisiensi pembukaan rekening melalui PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga menjadi inovasi regulator, dari yang menggunakan rekening bank menjadi sub-rekening efek nasabah.

Secara terpisah, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan perusahaan sekuritas sedang dalam proses perizinan dan sistem. Nantinya, mekanisme perdagangan akan didukung BEI melalui IDX Solusi Teknologi Informasi,

Adapun target penerbitan produk yang juga disebut Kontrak Berjangka Saham (KBS) itu masih sesuai jadwal, yakni pada kuartal I 2024.

“Persiapan yang sedang berjalan adalah persiapan AB dari sisi sistem maupun perizinan,” ucap Jeffrey.

Topik Menarik