Bapanas Minta Pemda Gelar Pangan Murah 12 Komoditas Jelang Ramadhan-Lebaran

Bapanas Minta Pemda Gelar Pangan Murah 12 Komoditas Jelang Ramadhan-Lebaran

Ekonomi | inews | Selasa, 5 Maret 2024 - 06:49
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan menyiapkan cadangan 12 komoditas pangan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. Hal ini dilakukan guna menjamin kecukupan pangan dan kemudahan akses untuk masyarakat.

"Dari cadangan pangan pemerintah yang 12 komoditas ini memang akan dirilis gencar menjelang Ramadhan sampai Lebaran, tujuannya adalah supaya di pasar, di market, bahan pangan cukup dan masyarakat mudah mendapatkannya," ucap Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani dalam diskusi bertema Persiapan Ramadhan, Kondisi Harga Bahan Pokok dikutip, Selasa (5/3/2024).

Rachmi menambahkan, hal ini juga sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi HBKN Puasa dan Idul Fitri 1445 H yang digelar, Senin (4/3/2024).

"Nah salah satu yang diputuskan di Rakor tadi pagi adalah menggiatkan seluruh provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan Gelar Pangan Murah (GPM) dan itu memang dikoordinasi dari Bapanas," tuturnya.

Rachmi berharap, masyarakat bisa membeli bahan pangan sesuai wilayah yang menggelar GPM. Sehingga, masyarakat hanya tingal mengikuti update kegiatannya dan kemudian bisa membeli komoditas yang dijual.

"Nah, harganya tentu dikontrol oleh pemerintah karena sudah melibatkan sebagian cadangan pangan, kemudian sebagian adalah dari mitra yang langsung dari asosiasi, dari BUMN, dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Jadi, harganya pasti lebih terjangkau untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan khususnya yang 12 ini saat HBKN," ucapnya.

Sebagai informasi, 12 komoditas pangan pokok tersebut meliputi beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir, dan minyak goreng.

Topik Menarik