Kena Boikot, Kurma asal Israel Nggak Dijual di Tanah Abang!

Kena Boikot, Kurma asal Israel Nggak Dijual di Tanah Abang!

Ekonomi | inews | Sabtu, 2 Maret 2024 - 21:02
share

JAKARTA, iNews.id - Berbagai jenis buah kurma dari Timur Tengah memenuhi rak sejumlah gerai atau toko di Blok C, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjelang Ramadan 2024. Namun tenang saja karena kurma asal Israel tidak ikut dijual.

Meskipun begitu, tampak tak ada rasa khawatir di benak para karyawan toko atau penjual di Pasar Tanah Abang. Justru mereka optimistis melihat Ramadan sebagai momentum terbaik untuk menjual dagangan mereka.

Salah satu penjual bernama Andini (23 tahun) mengaku, isu boikot buah kurma Israel tidak menghalangi dirinya dan rekan-rekan kerja untuk menjual kurma di pasar. Sikap Andini memang tepat, lantaran toko tempat dia bekerja tidak menyediakan kurma asal Israel.

Justru, buah favorit para Nabi itu diimpor dari Palestina, Madina, Tunisia, Irak, dan beberapa negara lain di kawasan Tanah Arab.

Kalau kurma kita banyak ya, dari Madinah, Palestina, dan negara Tunisia juga ada. Banyak kurma banyak. Kalau Israel nggak ada, dari Palestina ada namanya kurma Medjool, itu kurma yang paling besar dan paling mahal juga, ujar Andini saat ditemui iNews.id di lokasi, Sabtu (2/3/2024).

Toko Albani di kawasan Blok C, Pasar Tanah Abang merupakan tempat Andini dan teman-temannya mengais rezeki. Menurutnya, sudah sejak lama toko Albani tidak menyediakan kurma hasil produksi Israel.

Emang nggak ada dan sudah lama juga sih nggak masuk dari Israel, paparnya.

Senada dengan itu, Syarif (24 tahun) salah satu karyawan toko Elshanum, menyebut bahwa pihaknya juga tidak memperdagangkan kurma asal Israel. Bukan tanpa alasan, produk dari kawasan Bani Israel itu ikut diboikot oleh pihak dari toko Elshanum, tempat Syarif bekerja.

Untuk Israel kita audah boikot ya, untuk Israel kita nggak ada. Khusus produk Palestina, Tunisia, Madina, Mesir, dari sana semua. Iya boikot (kurma Israel) kita gak jual dari dulu ya, memang dari dulu gak jual dari Israel, beber dia.

Diketahui Israel menjadi salah satu dari lima pengekspor kurma terbesar di dunia. Israel dapat mengekspor kurma hingga menyentuh angka 181,2 juta dolar AS atau setara dengan Rp2,8 triliun.

Melansir Palestine Campaign, seruan terhadap boikot kurma Israel digencarkan, terutama menjelang Ramadhan. Boikot ini sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan dan kebebasan terhadap Palestina.

Harapannya dengan aksi boikot kurma Israel, dapat mendukung kebebasan Palestina terhadap Israel.

Topik Menarik