Jokowi Groundbreaking Kantor Baru Bank Mandiri, BRI, dan BNI di IKN

Jokowi Groundbreaking Kantor Baru Bank Mandiri, BRI, dan BNI di IKN

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 22:04
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar groundbreaking untuk pembangunan gedung kantor baru tiga bank himbara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (29/2/2024). Bank tersebut di antaranya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

Groundbreaking tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi beserta Jajaran Menteri, Regulator, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Otorita IKN, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).  

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang membangun kantor berkonsep Digital Services yang dapat melayani masyarakat. 

“Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Services. Karena saya tahu Livin' by Mandiri sudah 23 juta (pengguna), sangat ‘gede’ sekali," ujar Jokowi dalam acara Groundbreaking Mandiri Digital Services di IKN.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri groundbreaking Gedung Kantor Bank Mandiri di IKN. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo saat menghadiri groundbreaking Gedung Kantor Bank Mandiri di IKN. (Foto: BPMI Setpres)

Jokowi menambahkan, nantinya hal tersebut dapat terus berkembang serta ikut mendorong perluasan ekosistem digital di Tanah Air. 

“Bayangan saya nanti juga kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun akan mendatangkan digital nomad yang ada di Nusantara kita maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia," tuturnya.

Mandiri Digital Services rencananya, akan terdiri dari dua lantai dengan luas bangunan kurang lebih sebesar 2.000 m2. Secara desain, bangunan ini akan berbentuk fluid yang menyimbolkan keselarasan bangunan Mandiri Digital Services dengan lingkungan sangat asri di Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, desain bangunan Mandiri Digital Services akan mengusung konsep sustainability dan ramah lingkungan, dimana solar panel akan berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

Selanjutnya, BRI juga akan membangun kantor baru di IKN. Jokowi menuturkan, kehadiran BRI di ibu kota baru bertujuan untuk mendukung sektor UMKM terutama yang berada di wilayah penyangga ibu kota.

"Saya mengapresiasi BRI yang telah memberikan kemudahan bertransaksi khususnya bagi UMKM, semoga semangat itu bisa dibawa ke sini (Nusantara)." kata Jokowi.

Gedung BRI International Microfinance Center akan mencakup berbagai fasilitas, termasuk BRI Office Nusantara, BRI Microfinance Gallery, dan BRI Community Hub yang nantinya juga akan menyediakan layanan konsultasi, pelatihan, dan pendanaan yang terjangkau bagi para pelaku UMKM.

Langkah ini tidak hanya menegaskan komitmen Otorita IKN dalam menyediakan pelayanan perbankan unggul bagi masyarakat, namun juga mencerminkan semangat dan dedikasi bersama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan di seluruh kawasan Nusantara.

Selain itu, BNI juga melakukan groundbreaking kantor baru di kawasan IKN. Jokowi menuturkan, visi transformasi ekonomi dan infrastruktur di IKN, termasuk perubahan pola ekonomi lama ke pola ekonomi baru sebagai tanggapan terhadap perubahan lanskap ekonomi global dan geopolitik yang sangat cepat.

Presiden Joko Widodo saat menghadiri groundbreaking Gedung Kantor BNI di IKN. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo saat menghadiri groundbreaking Gedung Kantor BNI di IKN. (Foto: BPMI Setpres)

"Saya senang BNI membangun perbankan digital di kawasan klaster industri keuangan dan perbankan IKN. Langkah ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih mengadopsi teknologi digital banking dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Nantinya, kantor baru BNI di IKN akan mengusung konsep blended with nature atau menyatu dengan alam. Bangunan tersebut nantinya akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, dengan desain yang merespons kontur tanah, sungai yang mengalir, dan vegetasi alami di sekitarnya. Tahap I pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada 2026, mencakup digital branch dan ATM Drive Thru.

Topik Menarik