RS Hermina di IKN Ditargetkan Beroperasi Bertahap Mulai Agustus 2024

RS Hermina di IKN Ditargetkan Beroperasi Bertahap Mulai Agustus 2024

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 14:49
share

JAKARTA, iNews.id - PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) menargetkan rumah sakit di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai beroperasi pada Agustus 2024 mendatang. Rumah sakit tersebut akan beroperasi secara bertahap dan fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA).

Kami targetkan beroperasi Agustus. Pada saat Presiden melakukan upacara kemerdekaan rumah sakit sudah berdiri dan sudah bisa menerima pasien, ucap Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategis HEAL, Yulisar Khiat kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Untuk pembangunan rumah sakit di IKN, perseroan menggelontorkan dana senilai Rp650 miliar. Dana tersebut merupakan bagian dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) HEAL sebesar Rp2 triliun tahun ini.

Rumah sakit di IKN ini sesuai dengan ketentuan, harus memiliki persyaratan internasional, kata Yulisar.

Sejalan dengan pertumbuhan jangka panjang, serta peningkatan daya saing, perseroan akan menambah jejaring rumah sakit dan pengembangan layanan. Tahun ini, HEAL akan membangun lima rumah sakit baru yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur, IKN, Kalimantan Timur, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Untuk RS Hermina di PIK 2 akan beroperasi pada kuartal IV 2024, mengikuti jadwal pembukaan entrance Tol PIK 2.

Hingga November 2023, HEAL telah membuka dua rumah sakit baru yang berlokasi di Ciawi dan Aceh, yang masing-masing memiliki kapasitas 100 tempat tidur. Perkembangan ini sejalan dengan rencana perseroan untuk menambah dua rumah sakit baru tahun ini, sehingga memenuhi target 47 rumah sakit pada akhir 2023.

Sementara itu, total belanja modal yang direalisasikan perseroan hingga kuartal III 2023 sebesar Rp1,1 triliun, yang dialokasikan untuk keperluan melakukan ekspansi baik organik maupun anorganik, juga investasi lainnya.

Topik Menarik