Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Transportasi Publik

Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Transportasi Publik

Ekonomi | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 20:20
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada hari ini Rabu (28/2/2024).

"Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan Terminal Samarinda Seberang Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku senang pada sore hari ini melihat pembangunan Terminal Samarinda Seberang telah rampung dilakukan. Terlebih, ia mendapat informasi bahwa dulunya terminal tersebut dinilai kumuh oleh masyarakat.

"Tadi pak Wali nyampaikan dulunya ini kumuh sekali, di mana-mana terminal mesti kumuh kotor tidak tertata banyak premannya. Itu sudah di mana-mana. Oleh sebab itu harus dibalik sekarang, saya lihat saya senang terminalnya bersih, terminalnya rapi, tertata," kata Jokowi.

Jokowi pun berharap dengan diperbaharui wajah terminal-terminal di seluruh daerah di Indonesia, masyarakat dapat berbondong-bondong mulai menggunakan transportasi umum.

"Dari sini akan bisa ke Balikpapan, dari sini bisa ke Banjarmasin, saya kira akan sangat baik kalau menggunakan transportasi umum dan tidak menggunakan transportasi pribadi. Ini untuk sekali lagi mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki," tutur dia.

Jokowi menilai bahwa kota-kota besar saat ini di antaranya Jakarta, termasuk Samarinda sudah mulai dilanda kemacetan. Dirinya pun mendorong agar masyarakat dapat menggunakan tranportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi.

"Di Jakarta, kalau di Jakarta ini macetnya bertahun-tahun. Kita sudah ada KRL, ada LRT, ada MRT, ada kereta cepat, ada Transjakarta, itu pun masih macet di semua titik. Oleh sebab itu kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri pentingnya transportasi umum, pentingnya transportasi massal," ucapnya.

Topik Menarik