Kepala Bapanas Prediksi Harga Gabah Turun Bulan Depan: Beras Aman Jelang Puasa-Lebaran!

Kepala Bapanas Prediksi Harga Gabah Turun Bulan Depan: Beras Aman Jelang Puasa-Lebaran!

Ekonomi | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 15:37
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memastikan harga beras akan turun menjelang masuknya bulan suci Ramadan. Hal itu disebabkan oleh faktor masuknya musim panen raya di beberapa daerah yang sudah terjadi belakangan ini.

Arief menjelaskan masuknya panen raya membuat harga gabah mengalami penurunan, hal tersebut berdampak pada turunnya Harga Pokok Produksi (HPP) di tingkat penggilingan. Alhasil, harga beras di pasar menjadi murah.

Menurut Arief, masuknya musim panen ini akan membuat harga gabah kembali di angka Rp6.500 - Rp7.000 per kg. Sedangkan, harga gabah saat ini memang masih berada di angka Rp8.600 - Rp8.700 per kg.

Pembentukan harga beras di pasar merupakan 2 kali harga gabah. Sehingga ketika harga gabah berada di level Rp7.000 per kg, maka kemungkinan harga beras di pasar sekitar Rp14.000 per kg. Harga tersebut menurutnya sudah berada di jalur Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Otomatis (harga beras turun ketika panen), jadi malah kebalikannya yang harus dijaga di tingkat petani," ujar Arief di pasar induk beras Cipinang, Rabu (28/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, Arief memprediksi pada bulan Maret mendatang akan ada panen padi sebanyak 3,5 juta ton. Jumlah tersebut terhitung surplus jika dibandingkan dengan kebutuhan beras per bulan sebanyak 2,5 juta ton.

"Kemudian, minggu ini panen lokal sudah dimulai sehingga harga gabah ini akan berangsur turun dari sebelumnya di angka Rp8.600-Rp8.700 akan turun jadi Rp8.000, dan akan turun lagi menjadi sekitar Rp6.500 per kg," lanjutnya.

Sehingga dengan demikian, jika melihat proyeksi hasil panen yang sudah mulai terjadi saat ini, dan akan berlanjut hingga bulan Maret mendatang, Arief memastikan ketersediaan stok beras hingga harganya aman menjelang puasa.

"Jelang puasa tanggal 9-10 Maret sampai Lebaran kami pastikan beras itu aman," kata dia.

Topik Menarik