Luhut Klaim Elon Musk Bakal Bangun Jaringan Internet di IKN, OIKN Angkat Bicara

Luhut Klaim Elon Musk Bakal Bangun Jaringan Internet di IKN, OIKN Angkat Bicara

Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 27 Februari 2024 - 06:56
share

IDXChannel - Masyarakat dihebohkan dengan informasi yang menyebut bahwa taipan teknologi dunia, Elon Musk, bakal berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kabar tersebut pertama kali dimunculkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebut bahwa Musk bakal membantu pembangunan jaringan di IKN melalui perusahaan internet berbasis satelit miliknya, Starlink.

Seolah ingin meluruskan kabar tersebut, pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) justru mengaku bahwa sejauh ini belum ada pembahasan lebih jauh terkait rencana investasi yang bakal dilakukan Musk tersebut.

"Belum ada informasi. Belum ada pembicaraan secara detil soal itu," ujar Juru Bicara OIKN, Troy Pantouw, di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Menurut Troy, pihaknya juga belum menerima Letter of Intent (LoI) dari Elon Musk atas minat investasi di IKN, sebagaimana yang disampaikan oleh Luhut tersebut.

Diketahui, LoI merupakan sebuah dokumen tertulis yang menggambarkan niat atau kesepakatan awal antara dua pihak yang berkepentingan dalam melakukan transaksi bisnis atau perjanjian.

"Belum. Belum ada (LoI)," tutur Troy.

Sebelumnya diberitakan bahwa Luhut mengaku telah menelepon Chief Executive Officer SpaceX dan Tesla, Elon Musk, untuk melakukan pemasangan internet di IKN melalui SpaceX, di mana Starlink merupakan salah satu entitas bisnis di bawah naungannya.

"Saya dengan Elon Musk, kapan saya teleponan (mengingat-mengingat-red), Jumat, Jumat lalu. Kan Starlink mau masuk (ke IKN). Saya kira hampir selesai ya persyaratannya. Dia akan ke IKN," ujar Luhut, Rabu (7/2) lalu.

Menurut Luhut, Musk beserta jaringan internet miliknya akan datang ke IKN pasca mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).


"Begitu surat persyaratan Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih izin layak operasi (ILO). Begitu layak operasi jalan, lima hari kemudian dia bisa datang ke indonesia," tutur Luhut.

Tak hanya memasang internet, dikatakan Luhut, SpaceX rencananya juga bakal menyambungkan jaringan ke pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas di sekitar kawasan Ibu Kota baru tersebut.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah mengkonfirmasi, bahwa sejumlah Puskesmas di pelosok Indonesia sudah menggunakan jaringan internet Starlink.

Penyediaan internet Starlink bertujuan untuk mempermudah akses internet dalam integrasi data kesehatan. (TSA)

Topik Menarik