Kompleks Rumah Menteri Ditarget Rampung Juli 2024, Basuki Siap Tinggal di IKN

Kompleks Rumah Menteri Ditarget Rampung Juli 2024, Basuki Siap Tinggal di IKN

Ekonomi | IDX Channel | Selasa, 27 Februari 2024 - 06:06
share

IDXChannel - Pemerintah memastikan bahwa sedikitnya 36 Rumah Tapak untuk Jabatan Menteri (RTJM) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, sudah bakal rampung dibangun pada Juli 2024 mendatang.

Target tersebut didasarkan pada update perkembangan proyek pembangunan sejaih ini, yang diklaim telah mencapai lebih dari 70 persen.

"Rumah tapak jabatan menteri sudah di atas 70 persen. Hampir 80 persen. Terakhir dicek sih 74 persen," ujar Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, di sela-sela agenda Dentons HPRP Law and Regulations Outlook 2024, di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Menurut Danis, saat ini pihaknya telah merampungkan dua RTJM yang disiapkan sebagai model desain (mock up) dari rumah menteri yang telah rampung sepenuhnya.

Sedangkan, untuk 34 rumah menteri sisanya, Danis memastikan bakal rampung pada Juli 2024. Sehingga, 36 rumah menteri optimis dapat mulai dioperasikan pada pertengahan tahun mendatang.

Pasalnya, Danis menyebut bahwa rata-rata progres proyek di IKN dalam satu minggu meningkat dua hingga tiga persen. Dengan demikian, Danis cukup optimistis bahwa konstruksi rumah tapak jabatan menteri dapat mulai dilakukan commisioning pada Juni 2024 dan siap ditinggali oleh para Menteri yang hendak pindah ke IKN pada Juli 2024.

"Nanti selesai ini di Juli. Ini semuanya selesai 36 [RJTM]. Jadi itu 36 itu selesai semua," pungkas Danis.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan bahwa dirinya bakal menjadi Menteri pertama yang akan pindah ke IKN pada Juli 2024 mendatang.

Basuki pun mengaku telah mantap dan siap untuk mulai tinggal di IKN, bila nantinya proses pemasangan utilitas sambungan air hingga listrik pada bangunan tinggal di IKN rampung dipasang.

""Ya nanti kalau sudah jadi [akan pindah] kan air mau masuk bulan Juni 2024, Juli 2024 nah itu saya ke sana Insya Allah saya yakin betul," ujar Basuki. (TSA)

Topik Menarik