Siap Berantas Mafia Tanah, AHY: Tak Ada Lagi Negosiasi

Siap Berantas Mafia Tanah, AHY: Tak Ada Lagi Negosiasi

Ekonomi | IDX Channel | Kamis, 22 Februari 2024 - 06:46
share

IDXChannel - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menegaskan, pemberantasan mafia tanah masih menjadi salah satu fokus ke depannya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Agus Harimurthi Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY itu menilai, mafia tanah merupakan persoalan yang harus mendapat penegasan, mengingat oknum mafia tanah ini kadang kala mampu merekayasa sistem peradilan yang akhirnya merugikan masyarakat.

"Kita ingin menegakan hukum dengan lurus, tidak ada lagi negosiasi di situ," ujar AHY di Kantor Kementerian ATR/BPN, Rabu (21/2/2024).

Selain mengurusi mafia tanah, AHY yang juga baru dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN itu juga diberikan 2 tugas utama lainnya. Seperti menuntaskan Sertipikat Tanah Elektronik, dan serta mencapai target 120 juta pendaftaran tanah di 2024.

"Kita ingin Kementerian ATR/BPN sesuai dengan semangatnya melayani, profesional, terpercaya, juga bisa menjadi bagian yang fundamental untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkap AHY.

Dibawah kepemimpinannya, AHY berjanji bakal membawa Kementerian ATR/BPN yang lebih humanis dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat. Mengingat banyak program ATR/BPN yang beriirisan langsung dengan warga seperti penerbitan sertifikat dan lain sebagainya.

"Pedekatan harus proporsional, saya ingin menghadirkan ATR yang humanis, benar benar menyentuh masyarakat, bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat, pada akhirnya kita ingin menuntaskan bukan hanya masalah berkaitan dengan sengketa dengan masyarakat," tutupnya.

(SAN)

Topik Menarik