Sederet Alasan Kenapa Tiket Konser Mahal: Bisa Lampaui UMR, Ini Dia Biang Keroknya

Sederet Alasan Kenapa Tiket Konser Mahal: Bisa Lampaui UMR, Ini Dia Biang Keroknya

Ekonomi | IDX Channel | Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56
share

IDXChannel Kenapa tiket konser mahal? Ada banyak faktor yang mempengaruhi penetapan harga dari promotor ke penonton. Salah satunya tentu kelas musisi yang hendak diundang dan biaya produksinya.

Ketika promotor menyelenggarakan konser di Indonesia, mereka harus menyediakan venue yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan yang diminta oleh musisi. Untuk menyewa stadion saja, promotor bisa mengeluarkan uang miliaran rupiah.

Pengurusan izin untuk menggelar konser juga memakan waktu dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Setelahnya, biaya untuk mendatangkan musisi dan penyanyi juga tak sedikit. Semakin terkenal popularitas sang musisi, semakin mahal pula biaya yang mesti dikeluarkan. Coldplay contohnya, biaya konsernya bisa mencapai puluhan miliar rupiah.

Faktor lain turut mempengaruhi penetapan harga tiket konser adalah pajak hiburan yang harus dibayarkan oleh penonton. Ketika Anda membeli tiket konser, Anda akan melihat harga jual termasuk atau belum termasuk pajak.

Pajak hiburan di Jakarta cukup mahal, untuk konser internasional dikenakan 15% dari harga tiket masuk. Jadi semakin mahal harga tiket, semakin besar pula beban pajak yang mesti dibayarkan.

Faktor lain di luar urusan akomodasi kebutuhan konser, keberadaan calo juga membuat harga tiket jadi mahal secara tidak langsung. Meskipun harga jual dari promotor lebih rendah, banyak calo berhasil menembus sistem ticketing dan memborong banyak tiket.

Akhirnya tiket-tiket itu dijual dengan harga yang tidak masuk akal, bahkan bisa melambung hingga 3-4 kali lipat lebih mahal dari harga tiket asli. Meskipun penjualan dari calo ini berisiko penipuan, tetap banyak yang menitip beli war tiket ke calo.

Promotor juga kerap mengimbau agar penonton tidak membeli tiket dengan menitip ke calo. Sebab sudah pasti harganya dinaikkan, juga berpotensi sang calo sebenarnya hanya menipu.

Netizen juga kerap curiga bahwa promotor sengaja membagikan tiket gratis sebagai jatah orang dalam. Konser Coldplay pada November lalu adalah contohnya, banyak penonton yang mengeluhkan kursinya sudah dipindai, bahkan sudah diduduki orang.

Selain itu, daya beli masyarakat juga turut mempengaruhi promotor dan musisi untuk mempertimbangkan harga. Artis yang sama, harga konsernya bisa berbeda-beda di tiap negara yang dikunjunginya.

Dari beberapa alasan di atas, berikut ini adalah kesimpulan kenapa tiket konser mahal:

Secara umum, itulah alasan kenapa harga tiket konsel mahal di Indonesia. ( NKK )

Topik Menarik