Kembali Kerja Sama dengan Joe Rogan, Spotify Diprediksi Bisa Raup Untung Rp3,9 Triliun

Kembali Kerja Sama dengan Joe Rogan, Spotify Diprediksi Bisa Raup Untung Rp3,9 Triliun

Ekonomi | IDX Channel | Minggu, 11 Februari 2024 - 07:46
share

IDXChannel - Joe rogan telah menandatangani kontrak selama tiga tahun bersama Spotify senilai USD200 juta atau sekitar Rp3,1 triliun dari 2020 dan kini Spotify meraup untung senilai USD250 juta atau sekitar Rp3,9 triliun.

Dilansir celebritynetworth Jumat (9/2/2024), Spotify membuat kontrak podcast dengan Joe rogan menjadi eksklusif.

Rogan telah mengembangkan audiens yang besar di Spotify dan podcastnya akan menjadi podcast teratas di Spotify setiap tahun sejak 2020. Banyak pendengar yang menikmati gaya wawancara dengan berbagai tamu.

Sudah tiga tahun Rogan sudah meraup keuntungan dari Spotify. Namun jika rogan dan Spotify berkerjasama lagi rogan tidak hanya menghasilkan uang lebih banyak tetapi podcast nya akan kembali lagi ke usaha streaming lainnya.

Kesepakatan yang baru Rogan dengan Spotify bisa mencapai hingga USD 250 juta atau sekitar Rp3,9 triliun selama beberapa tahun. Rogan juga akan mendapatkan uang muka dalam jumlah puluhan juta dollar.

Spotify menghasilkan penghasilan lebih besar dari iklan karena jangkauan penerima iklan lebih luas di Spotify, di bandingkan pendapatan langganan di podcast sehingga Spotify membuka peluang besar untuk Rogan.

Perusahaan Spotify memberikan pernyataan Joe rogan adalah pembawa acara podcast paling populer saat ini.

"Karena podcast eksklusif untuk Spotify, konsumsi podcast secara keseluruhan di platform ini meningkat sebesar 232 persen. Sebagai hasil dari pertumbuhan eksponensial yang telah kita lihat, hal ini telah menarik beragam pengiklan sehingga mendorong peningkatan sebesar 80 persen pada Spotify. Pendapatan pada 2023 sejak 2021, termasuk peningkatan pendapatan sebesar 45 persen pada 2023 untuk pertunjukan tersebut," ujar perusahaan spotify.

Joe Rogan akan mengantongi penghasilan sebesar USD450 juta atau sekitar Rp7 triliun jika sepakat dengan Spotify selama enam tahun. Kemungkinan besar pada akhir 2026 atau awal 2027 Joe Rogan akan kembali menandatangani kontrak besar lainnya.

( Penulis magang Sigit Sri Wibowo)

(SAN)

Topik Menarik