Beri Investor Kepastian, CEO BP Bakal Sederhanakan Bisnis Jadi Lebih Rasional

Beri Investor Kepastian, CEO BP Bakal Sederhanakan Bisnis Jadi Lebih Rasional

Ekonomi | IDX Channel | Sabtu, 10 Februari 2024 - 13:31
share

IDXChannel - CEO BP, Murray Auchincloss, mengatakan akan menyederhanakan bisnisnya dan menjadi lebih rasional dalam keputusan investasinya. Hal ini merupakan upaya perusahaan dalam menghilangkan kekhawatiran investor atas strategi transisi energi perusahaan.

"Empat tahun terakhir adalah masa permulaan, dan sekarang merupakan saatnya untuk menyederhanakan. Kami akan secara rasional beradaptasi dengan apa yang terjadi dengan permintaan masyarakat," ujarnya dilansir Reuters, Sabtu (10/2/2024).

Pernyataan Auchincloss setelah perusahaan melaporkan hasil kuartal keempat yang melebihi perkiraan.

Auchincloss menjadi CEO tetap pada Desember 2023 setelah Bernard Looney mengundurkan diri secara tiba-tiba karena masalah pribadi. Saham perusahaan tersebut naik 6 persen setelah BP meningkatkan kembali program pembelian saham secara tak terduga.

Namun, kinerja BP masih mengkhawatirkan di antara pesaing lainnya.

Auchincloss berjanji akan mengurangi produksi yang berkaitan dengan minyak dan gas serta berpegang teguh pada tujuan demi meningkatkan bisnis energi terbarukan dan rendah karbon pada akhir dekade ini.

BP memiliki 12 hingga 16 proyek migas yang mendapat lampu hijau untuk dikembangkan dalam dua tahun ke depan.

Saat ini investor tengah mencari stabilitas dan kepastian, itulah sebabnya BP berencana akan membeli kembali saham setidaknya USD14 miliar selama dua tahun kedepan.

"Investor mendukung strategi ini dan mengingat kekuatan neraca keuangan, kami dapat memberi mereka lebih banyak kepastian," pungkasnya.

(NIA)

Topik Menarik