Ada Penawaran dan Promo Spesial untuk Pembelian ORI025 di BRI, Caranya Mudah dan Praktis

Ada Penawaran dan Promo Spesial untuk Pembelian ORI025 di BRI, Caranya Mudah dan Praktis

Ekonomi | IDX Channel | Jum'at, 9 Februari 2024 - 12:21
share

IDXChannel - Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) merupakan produk investasi yang dapat dibeli oleh Warga Negara Indonesia. SBN Ritel dapat dikelompokkan berdasarkan jenis produknya, baik konvensional atau syariah dan apakah dapat diperjual belikan di pasar sekunder atau tradable dan non-tradable.

Selain itu, SBN merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Masyarakat dapat membeli produk SBN dalam periode waktu tertentu dengan pembelian minimal Rp1 juta.

Salah satu produk SBN yang diluncurkan pemerintah yakni Obligasi Ritel atau ORI, yang merupakan salah satu jenis Surat Utang Negara Ritel (SUN Ritel). Produk ini merupakan instrumen investasi yang dijual kepada individu atau perseorangan, melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana domestik yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

ORI memiliki kupon bersifat tetap atau fixed rate sampai jatuh tempo dan memiliki potensi capital gain. Masyarakat bisa membeli ORI dengan praktis dan mudah di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi BRImo dari BRI dan melalui sbn.bri.co.id.

Baru-baru ini, pemerintah meluncurkan Obligasi Ritel seri ORI025-T3 dengan kupon sebesar 6,25% per tahun dan ORI025-T6 dengan kupon sebesar 6,40% per tahun. Adapun, periode penawaran berlangsung mulai dari 29 Januari hingga 22 Februari 2024.

Adapun beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati jika kamu melakukan investasi dengan ORI:

1. Aman, SBN Ritel memiliki kredibilitas tinggi karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang.
2. Imbal Hasil Menarik, memiliki kupon bersifat tetap atau fixed coupon sampai dengan jatuh tempo dan dibayar tiap bulan. Besaran kupon di atas rata-rata tingkat suku bunga deposito.
3. Mudah Diakses, pembelian dan penjualan dapat dilakukan melalui sistem elektronik atau online.
4. Terjangkau, karena ORI dapat dibeli mulai dari Rp1 juta, dan berlaku kelipatan.
5. Dengan membeli ORI, Anda juga dapat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
6. Dapat Dijaminkan
Selain keuntungan yang dapat dinikmati oleh investor, Anda juga dapat terhindar dari beberapa risiko, di antaranya:

Risiko Gagal Bayar (Default Risk)

ORI025-T3 dan ORI025-T6 tidak memiliki risiko gagal bayar mengingat berdasarkan Undang-Undang SUN, bahwa negara menjamin pembayaran kupon dan pokok Surat Utang Negara, termasuk ORI025-T3 dan ORI025-T6 sampai dengan jatuh tempo. Karena dananya telah disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Risiko Likuiditas (Liquidity Risk)

Merupakan risiko yang terjadi apabila seorang investor tidak dapat melikuidasi produk investasi dalam waktu yang cepat sesuai dengan harga yang wajar. ORI025-T3 dan ORI025-T6 tidak memiliki risiko likuiditas dapat diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga investor dapat melakukan penjualan produk ORI sebelum dengan jatuh tempo.

Risiko Tingkat Bunga (Market Risk)

Risiko ini biasa terjadi pada saat terjadi perubahan tingkat suku bunga di pasar. Terjadinya hal ini sering kali menyebabkan potensi kerugian bagi investor. ORI025-T3 dan ORI025-T6 tidak memiliki risiko tingkat bunga karena nilai pokok tidak berubah seiring dengan perubahan tingkat bunga di pasar. Kemudian tingkat kupon ORI025-T3 dan ORI025-T6 bersifat tetap sampai dengan jatuh tempo

Cara Registrasi:

Registrasi melalui BRImo
1. Anda perlu melakukan login BRImo dan klik fitur e-SBN.
2. Klik Registrasi Investor SBN, lalu akan muncul informasi produk SBN.
3. Masukkan informasi data diri dan data pekerjaan.
4. Pilih rekening penerimaan kupon dan ceklis syarat dan ketentuan
5. Input PIN BRImo dan lanjut proses verifikasi

Registrasi melalui Unit Kerja

Calon investor juga dapat melakukan registrasi melalui kerja BRI terdekat (KC, KCP dan SLP) untuk membuat SID (Single Investor Identification) dan Rekening Surat Berharga (RDN).

Setelah nasabah mendapatkan SID, SRE dan User ID SBN, investor dapat melakukan pendaftaran melalui SBN Online BRI.

Cara Investor Melakukan Pemesanan:

- Calon investor yang sudah memiliki SID dan sudah melakukan pendaftaran investor dapat melakukan pemesanan melalui dua cara yaitu:
a. melalui website SBN Online(sbn.bri.co.id)
b. melalui BRIMO

- Setelah berhasil memesan, kamu akan mendapatkan kode pembayaran (billing code).

- Kode pembayaran akan digunakan nanti untuk penyetoran dana sesuai pemesanan (masa kadaluarsa billing code selama 3 jam)

Cara Investor Melakukan Pembayaran SBN:

Pembayaran dilakukan melalui MPN Gen 2 dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, dan BRImo) dengan batas waktu yang telah ditentukan*

Kamu akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via website SBN Online BRI dan email yang terdaftar.

*) Kode billing akan kadaluarsa jika selama 3 (tiga) jam investor tidak melakukan pembayaran.

Selain itu, SBN dapat Anda juga dapat melakukan pembelian melalui BRImo cukup mudah untuk dilakukan.

1. Anda hanya perlu membuka aplikasi BRImo, pilih menu investasi, pilih E-SBN. pilih beli SBN
2. Pilih produk SBN yang sedang aktif masa penawarannya
3. Masukkan nominal pembelian SBN
4. Lanjutkan pembayaran
- Pembayaran dilakukan melalui MPN Gen 2 dengan berbagai saluran pembayaran (teller, ATM, dan BRImo) dengan batas waktu yang telah ditentukan*
- Kamu akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order via website SBN Online BRI dan email yang terdaftar.

Penawaran spesial BRImo

Dengan pemesanan Melalui BRI, Anda akan mendapatkan beberapa penawaran yang menarik, simak di antaranya:

a. Anda dapat memiliki kesempatan mendapatkan direct gift hingga Rp17 juta bagi nasabah yang melakukan pembelian dengan dana fresh fund.
b. Bagi 10 nasabah pertama dengan pembelian mulai dari Rp7,5 miliar sampai dengan Rp10 miliar, Anda akan mendapatkan Cashback 0,17%
c. Bagi 15 nasabah pertama dengan pembelian mulai dari Rp5 miliar sampai dengan Rp7,5 miliar, Anda akan mendapatkan d. Cashback 0,15%
Bagi 22 nasabah pertama dengan pembelian mulai dari Rp3 miliar sampai dengan Rp5 miliar, Anda akan mendapatkan Cashback 0,125%
e. Bagi 30 nasabah pertama dengan pembelian mulai dari Rp1 miliar sampai dengan Rp3 miliar, Anda akan mendapatkan Cashback 0,10%
f. Bagi investor yang melakukan pembelian melalui fitur e-SBN di BRImo mulai dari Rp1 juta sampai 100 juta, Anda akan mendaptkan cashback hingga Rp3 juta.

Untuk penawaran spesial ini, satu user BRImo hanya berhak mendapatkan cashback 1x selama periode. Nantinya, cashback dilakukan ke rekening sumber transaksi di akhir periode program. Periode penawaran spesial ini berlaku mulai 29 Januari 2024 sampai dengan 22 Februari 2024.

Cashback-nya cukup menggiurkan bukan? Jadi tunggu apalagi yuk download BRImo melalui App Store dan Play Store sekarang juga! Karena #UntukPribadiTerpilih ajukan SBN lewat BRImo lebih mudah dan serba bisa.

(YNA)

Topik Menarik