Kenapa Uang di ATM Bisa Hilang? Simak Beberapa Penyebabnya

Kenapa Uang di ATM Bisa Hilang? Simak Beberapa Penyebabnya

Ekonomi | IDX Channel | Jum'at, 9 Februari 2024 - 08:31
share

IDXChannel - Kenapa uang di ATM bisa hilang? Salah satu penyebabnya adalah tindak kejahatan skimming. Hal pertama yang paling mudah agar terhindar dari skimming adalah merahasiakan nomor PIN kepada siapa pun.

Cara menghindari berikutnya adalah memeriksa alat transaksi sebelum melakukan transaksi. Ini menjadi penting karena bisa jadi ATM telah terpasang skimmer sehingga ada kesempatan bagi mereka untuk mengambil uang Anda.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (9/2/2024), IDX Channel telah merangkum kenapa uang di ATM bisa hilang, sebagai berikut.

Kenapa Uang di ATM Bisa Hilang?

1. Adanya Tindak Kejahatan Berupa Skimming

Tindakan ini sangat berbahaya karena bukan saja membuat uang kamu berkurang, tapi bisa habis terkuras. Skimming merupakan aksi pencurian informasi pada kartu debit atau kartu kredit dengan cara merusak mesin ATM, dengan cara memasang chip magnet di tempat masuk kartu ATM pada mesin ATM, sehingga data sebagai nasabah tersalin.

2. Adanya Biaya Mobile Banking

Mobile banking merupakan salah satu layanan bank yang telah menjadi kebutuhan mayoritas masyarakat hari ini. Selain memberikan kemudahan, perlu diketahui juga bahwa layanan mobile banking ini juga dikenai biaya administrasi. Seperti misalnya biaya administrasi untuk mengisi saldo e-wallet dan melakukan pembayaran lainnya.

3. Adanya Biaya Transaksi

Alasan lainnya kenapa uang di ATM hilang sendiri, lantaran adanya potongan untuk biaya transaksi. Setiap bertransaksi di ATM, baik itu pengecekan saldo, penarikan uang tunai maupun transfer akan dikenakan biaya, apalagi di mesin ATM yang bukan dikeluarkan oleh bank tempat kamu menjadi nasabah. Seringkali hal ini tidak terpikirkan oleh, apalagi jika jarang mengecek saldo rekening secara berkala. Jadi, sebaiknya memilih bertransaksi di ATM milik bank yang sama dengan rekening.

4. Adanya Tagihan Autodebet

Tagihan autodebet juga bisa membuat uang di ATM hilang sendiri, karena sistem otomatis yang sudah terdata di bank. Umumnya, layanan autodebet ini digunakan untuk pembayaran tabungan berjangka, tagihan asuransi, tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan BPJS dan juga transfer otomatis ke nomor rekening tertentu.

5. Adanya Potongan Administrasi

Dalam setiap rekening bank pasti ada potongan administrasi setiap bulannya, di mana hal ini wajar mengingat berbagai pelayanan perbankan yang kamu gunakan melalui rekening kamu. Namun biasanya, potongan administrasi ini jumlahnya tidak banyak, dan biayanya tergantung jenis rekening dan kartu ATM yang gunakan

Itulah informasi terkait kenapa uang di ATM bisa hilang yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Topik Menarik