12 Proyek Dicoret dari PSN 2024, Berikut Daftarnya

12 Proyek Dicoret dari PSN 2024, Berikut Daftarnya

Ekonomi | inews | Rabu, 7 Februari 2024 - 19:36
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mencoret setidaknya 12 Proyek Strategis Nasional (PSN). Alasan dicoretnya 12 proyek tersebut karena tidak menunjukkan progres setidaknya hingga akhir semester II 2023.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan, hal tersebut dianggap akan membuat penyelesaian proyek molor dari target yang ditetapkan.

"Berdasarkan hasil evaluasi kita kemarin, sampai dengan semester II 2023 kayaknya belum berprogres, sehingga kemarin dari kementerian teknisnya dan arahan dari Pak Presiden untuk keluar dari daftar PSN," ujar Wahyu dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Meski dicoret dari daftar PSN, tidak menutup kemungkinan proyek-proyek tersebut akan dikerjakan kembali, namun memang proyek yang tidak masuk dalam daftar PSN tidak mendapatkan keringanan untuk pembebasan lahan yang ditanggung oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Tapi ini akan tetap dilaksanakan dengan program reguler tapi tidak mendapat fasilitas PSN," tuturnya.

Wahyu menjelaskan, setidaknya ada tiga masalah utama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, pertama masalah terkait ketersediaan lahan, kedua masalah perizinan, dan ketiga masalah pembiayaan.

Menurutnya, masalah lahan karena adanya tumpang tindih status lahan itu sendiri, baik antar instansi kementerian, pemerintah dan swasta maupun BUMN, maupun tumpang tindih klaim lahan antara pemerintah dan masyarakat.

Masalah perizinan ini dinilai Wahyu sudah mulai terbantu dengan lahirnya Undang-Undang Cipta Kerja dan peluncuran sistem Online Single Submission (OSS) sebagai platform kemudahan untuk penerbitan perizinan.

Sedangkan dari sisi pembiayaan, tidak bisa dipungkiri keterbatasan fiskal negara menjadi tantangan. Hal itu membuat pemerintah perlu menyusun skema yang menarik untuk mendatangkan investor menggarap proyek infrastruktur di Indonesia.

"Misalnya infrastruktur yang sudah selesai harusnya bisa menghasilkan sumber pembiayaan lagi yang bisa dipakai Pemerintah bangun proyek," ucapnya.

Berikut 12 PSN yang dikeluarkan pada tahun 2024:

1. Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya
2. Penyediaan Air Baku Sidan di Provinsi Bali
3. Jalan Tol Rantau Prapat-Kisaran
4. Jalan Tol Langsa-Lhokseumawe
5. Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli
6. Jalan Tol Dumai-Sp. Sigambal-Rantau Prapat
7. Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau
8. SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat-DKI Jakarta
9. SPAM Jatigede di Jawa Barat
10. SPAM Kamijoro di DI Yogyakarta
11. Pelabuhan Ambon Baru
12. Kawasan Industri Tanggamus di Lampung.

Topik Menarik