Apa Saja Ciri-Ciri ATM yang Dipasang Jebakan Penipuan?

Apa Saja Ciri-Ciri ATM yang Dipasang Jebakan Penipuan?

Ekonomi | IDX Channel | Rabu, 7 Februari 2024 - 14:31
share

IDXChannel - Ciri-ciri ATM dipasang jebakan penipuan penting diketahui. Salah satunya adalah dengan dipasangnya sebuah alat di bagian mulut tempat memasukkan kartu ATM. Pada bagian atas penutup tombol ATM, diletakkan kamera untuk menangkap pin ATM nasabah.

Alat tersebut dapat memeriksa bagian mulut slot ATM karena biasanya pelaku kejahatan skimming meletakan alat pada area tersebut. Jika Anda merasa di mesin ATM ada hal yang tidak lazim seperti lampu indikator yang tidak menyala, tampilan layar mesin yang tidak seperti biasanya disarankan untuk memilih mesin ATM terdekat lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (7/2/2024), IDX Channel telah merangkum ciri-ciri ATM dipasang jebakan penipuan, sebagai berikut.

Ciri-Ciri ATM Dipasang Jebakan Penipuan

1. Terdapat Perbedaan Pada Mulut Slot Kartu

Waspada adanya alat yang dipasang pada bagian tempat memasukan kartu. Maka dari itu, jika Anda menemukan mesin ATM yang bentuk mulutnya aneh, lebih baik tinggalkan dan cari mesin yang lainnya.

2. Adanya Alat yang Menghalangi Bagian Tutup Penutup Keypad

Cek atau raba dulu bagian kanopi dari tempat keypad, sebelum Anda memasukan kartu dan menekan PIN. Jika ada sesuatu yang mengganjal, patut dicurigai kalau ada mesin skimming di situ. Adapun, alat yang mengganjal itu bisa saja adalah sebuah kamera pengintai atau spy camera yang merekam tangan anda saat memencet keypad.

Itulah informasi terkait ciri-ciri ATM dipasang jebakan penipuan yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Topik Menarik